Printer Ink Tank Epson L1300: Kelebihan Dan Kekurangan Produk

Photo of author

By Zaki

Anda butuh rekomendasi printer yang mengedepankan biaya rendah dengan produktivitas tinggi? Printer Ink Tank Epson L1300 adalah solusinya. Produk ini bisa jadi pilihan untuk Anda kebutuhan printer di rumah maupun kantor.

Tidak percaya? Yuk, simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan printer satu ini sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian.

Kelebihan Printer Epson L1300

Epson L1300

Anda perlu meninjau poin-poin yang menjadi kelebihan suatu produk sebagai pertimbangan pertama, lho. Dari kelebihan ini, Anda bisa membandingkan dengan produk sejenis untuk melihat mana yang lebih baik. Apa saja kelebihan printer L1300 ini?

  • Ukuran Kertas Maksimal A3

Saat ini kebutuhan cetak dokumen dan foto cukup beragam, mulai dari penggunaan kertas ukuran kecil hingga paling besar. Mungkin sudah banyak printer yang mencetak kertas A4 dan menjadi standar di berbagai tempat.

Bagaimana dengan kebutuhan kertas A3 yang ukurannya 2 kali lebih besar dari A4? Beberapa orang atau perusahaan membutuhkan kertas A3 untuk mencetak desain gambar, laporan bisnis, dan lain sebagainya.

Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan menggunakan printer Epson L1300 karena produk ini memiliki opsi untuk mencetak dokumen hingga ukuran A3+.  

Tidak cukup sampai di situ saja, produk ini juga bisa Anda gunakan untuk mencetak berbagai media kertas. Kertas yang tebal, kertas foto, label, hingga amplop juga bisa Anda cetak di mesin ini. Keren kan?

  • Efisien dan Efektif

Produk ini punya semacam tagline yakni memecahkan pencapain untuk percetakan A3+ dengan biaya rendah dan volume tinggi. Dari sini jelas terlihat upaya Epson untuk menghadirkan produk yang efektif dan efisien.

Tangki tinta di printer ini terintegrasi dengan kapasitas tinggi. Harganya hanya sekitar Rp135.000 dan paket starter kit berisi 5 botol tinta Epson asli. Tangki tinta full ini sudah bisa menghasilkan 7.100 lembar hitam putih dan 5700 lembar berwarna.

Fitur di printer ini juga memungkinkan Anda untuk mencetak dengan kecepatan hingga 15 gambar per menitnya.

  • Kualitas Cetak Bisa Diandalkan

Produk dari Epson yang satu ini didesain secara khusus untuk menjalankan proses cetak secara berkesinambungan. Epson dikenal dengan print head Micro Piezo-nya yang membuat produk mereka sangat bisa diandalkan.

Tidak hanya andal dalam pengoperasian saja, Epson L1300 juga mampu memberikan resolusi tinggi yakni 5760dpi. Penggunaan tinta asli Epson pada produk ini akan selalu meningkatkan produktivitas dan hasil cetakan.

  • Pengoperasian dan Perawatan Mudah

Printer yang satu ini memiliki desain yang compact sehingga mudah dioperasikan dan dirawat. Sistem tangki tinta yang asli juga memiliki desain yang halus dan secara khusus dibuat untuk meminimalisir resiko tinta tercecer.

Jadi, Anda bisa mencetak dokumen tanpa halangan berarti.

  • Support Cetak Dua Arah

Dalam beberapa kesempatan, mungkin Anda membutuhkan printer untuk bekerja lebih cepat. Ini tentu bukan masalah jika Anda memilih Epson seri L1300. 

Alasannya, produk ini mendukung proses cetak dua arah (bi-directional printing) dan uni-directional printing.

  • Sistem Infus

Epson seri L1300 adalah printer pertama di dunia yang menggunakan sistem infus 4 warna. Penggunaan sistem ini membuat efisiensi printer sangat tinggi karena suplai tinta dilakukan tanpa adanya cartridge

Sayangnya, untuk sistem infus Anda perlu memperhatikan isi tangki. Pastikan selalu ada isinya karena jika sempat kosong bisa memutus suplai tinta sehingga pewarnaan terputus.

Baca Juga :

Kekurangan Printer Epson L1300

Sebagus apapun review suatu produk, biasanya masih ada satu atau dua kelemahan yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli. Ini juga berlaku untuk printer Epson L1300. Melalui daftar kelemahan ini, Anda bisa melihat apakah produk ini layak untuk dibeli atau tidak.

  • Tidak Mendukung Cetak Dua Sisi Otomatis

Pada dasarnya fitur ini menjadi basic di dunia printer. Namun, mayoritas mesin ini hanya bisa melakukan printing manual untuk dua sisi. Ini juga sama dengan L1300. Anda tidak bisa mencetak 2 sisi secara otomatis sehingga tetap butuh effort jika Anda ingin mencetak dokumen bolak-balik.

  • Belum Ada Konektivitas Wifi

Meski laris manis di pasaran, ternyata printer seri L1300 milik Epson ini belum support konektivitas wifi, lho. Produk ini masih menggunakan koneksi standar USB 2.0 Hi-Speed. Artinya Anda tetap butuh kabel data untuk menghubungkan printer ini ke perangkat komputer untuk mencetak foto atau dokumen.

  • Tidak Multifungsi

Produk ini tidak mendukung fitur multifungsi untuk cetak, pindai, dan fotokopi. Anda hanya bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen atau foto dengan kualitas terbaik.

Harga Printer Ink Tank L1300 Dari Epson

Kabar baiknya, Anda bisa membeli produk ini secara mudah di toko resmi atau toko elektronik terdekat di rumah. Ingin belanja lebih mudah? Tidak masalah, printer L1300 juga bisa Anda beli secara resmi di marketplace lokal.

Beberapa orang mungkin menganggap printer ini lumayan mahal karena dibanderol dengan harga mulai dari Rp8 jutaan. Namun harga tersebut tentunya sepadan dengan spesifikasi, fitur, dan kualitas yang ditawarkan. 

Semoga ulasan tentang printer Epson L1300 di atas bermanfaat untuk Anda semua ya! 

Tinggalkan komentar