Review Printer Epson L1455, Cocok untuk Cetakan A3

Anda bingung mencari printer yang mampu mencetak ukuran kertas A3? Kini telah hadir Epson L1455 merupakan printer premium yang mampu mencetak dalam ukuran besar. Printer biasanya hanya mampu mencetak hingga A4 atau F4 saja.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan pekerjaan perkantoran maupun percetakan membutuhkan A3 untuk pengoperasian aktivitas bisnis. Kertas dengan ukuran ini diperlukan oleh arsitek, notaris maupun desain grafis.

Berbeda dengan printer Canon MP237 yang ditargetkan untuk kelas low end, printer Epson L1455 ini merupakan pilihan yang tepat untuk kebutuhan mencetak adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Epson L1455

Dari spesifikasinya sendiri dapat terlihat bahwa Epson L1455 merupakan golongan printer premium. Adapun informasi umum terkait printer ini bisa Anda simak dalam tabel di bawah ini:

Metode CetakInkjet
KonektivitasUSB, Wi-Fi Direct, Ethernet, WiFi,
Dukungan OSWindows Server 2003 (32/64bit),Windows Server 2012 (64bit),  Mac OS X 10.6.8 or later, Windows 10, Windows Server 2012 R2, Windows 7, Windows Server 2008 (32/64bit), Windows Server 2008 R2, Windows XP x64
Input Tray250 halaman ukuran standar
Kecepatan Cetak32 ppm untuk B/W dan 20 ppm dalam modus warna
Effective Print Resolution4800 x 1200 dpi
Dimensi666 x 486 x 418 mm
Berat23 kg

Sementara itu, kebutuhan faksimilenya memiliki kecepatan transmisi hingga 33.6 kbps atau setara dengan 3 detik per lembar. Fitur faksimile mampu menyimpan 200 nomor dan daftar kontak. Kapasitas memorinya mencapai 550 pages/6MB dengan tipe fax walk-up black white and colour capability.

Mode koreksi errornya adalah CCITU/ITU Group 3 fax. Fitur fax yang dimilikinya adalah auto redial, delay send, PC Fax, address book dan broadcast fax. Transmisi menerima dan mengirim faximile cepat dan tanpa hambatan.

Mencetak Hingga Ukuran A3

Epson L1455

Epson L1455 diklaim mampu mencetak hingga ukuran kertas A3+. Walaupun ukurannya cenderung besar, kecepatannya tinggi yakni sekitar 10 ipm. Sementara itu, bila kertas yang digunakan merupakan A4, maka kecepatannya sekitar 18 ipm.

Setiap printer Epson didukung dengan teknologi Epson PrecisionCore. Berkat teknologi ini, hasil cetakan bisa cocok untuk kebutuhan industri maupun komersial. Anda bisa menggunakannya untuk usaha percetakan, kantor maupun kebutuhan pribadi.

Hasil cetakannya tahan terhadap goresan jari maupun air. Dokumen pun anti luntur walaupun terkena tetesan air. Tentunya untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda harus memakai tinta asli Epson.

Dukungan Wifi Duplex

Epson L1455 Wifi Duplex

Kelebihan lainnya selain mampu mencetak dalam ukuran A+ ialah memakai Wifi duplex. Printer dapat beroperasi dengan mengandalkan koneksi nirkabel Wifi alias tanpa kabel. Lihat cara menyambungkan printer wifi ke perangkat lain.

Protokol jaringannya beragam yakni mulai dari TCP/IPv6, LPD,TCP/IPv4, PORT 9100, IPP, dan WSD. Adapun pilihan mode jaringan pendukungnya yakni Ethernet, wifi direct hingga Wifi IEEE 802.11 b/g/n.

Dari konektivitas tersebut, printer dapat dioperasikan melalui PC bahkan notebook tanpa perantara server. Printer mampu mencetak dengan mode duplex yakni mencetak dengan kedua sisi kertas otomatis.

Printer juga didukung dengan ADF berkapasitas 35 lembar. Ketika dioperasikan dengan mode cetak standard, printer mempunyai dua input tray. Setiap tray berkapasitas 250 lembar dan dapat diisi dua ukuran kertas yang berbeda.

Layar LCD

Desain printer didukung oleh layar LCD dengan menu-menu pengoperasian yang sederhana namun tetap fungsional. Ukuran layarnya sendiri sekitar 4.3 inci dan berwarna sehingga ikon besar dapat terlihat jelas.

Perintah yang ada di LCD dapat dipahami dengan baik. Visualnya menarik dan memiliki menu-menu terdiri atas teks dan grafis. Setiap perintah untuk printer memiliki notifikasi konfirmasi agar penggunanya dapat mengecek apakah setting telah sesuai atau belum.

Desain body classy dengan pilihan warna hitam yang elegan. Untuk mengganti tinta atau cartridge juga mudah anti ribet.

Ada Fitur Scan Copy

Eco Tank Epson L1455

Alasan kenapa printer ini tergolong terbaik adalah adanya fitur scan dan copy. Fitur ini mendorong kebutuhan pasar akan paperless dalam hal dokumentasi. Penyimpanan ke bentuk digital lebih aman dan fleksibel.

Apalagi jika ingin berbagi dokumen ke banyak pihak, maka konversi dokumen cetak ke digital adalah pilihan yang tepat. Format dokumen hasil pemindahan dapat tersimpan dalam bentuk JPEG dan PDF.

Ada pula fitur fotokopi yang dimilikinya untuk memperbanyak dokumen dalam waktu singkat. Proses fotokopi maupun scan menggunakan ADF dan duplex. Sekali memindai dan menyalin dokumen dapat dilakukan pada kedua sisinya.

Garansi Lebih Lama

Satu lagi keunggulan dari printer Epson ini adalah garansi resminya yang lebih lama. Garansi resmi printer ini adalah dua tahun atau saat printing mencetak hingga 80.000 halaman.

Printer standar umumnya hanya mencapai 1 tahun masa garansi saja dan hanya mencapai 50.000 halaman. Epson L1455 hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar akan cetakan A3 dengan hasil tajam. Printernya multifungsi bahkan mampu digunakan untuk mengirim fax.

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …