Review Epson L1110: Harga, Kelebihan dan Kekurangan Produk

Printer kini tidak lagi menjadi kebutuhan operasional kantor saja. Banyak orang mulai menggunakannya untuk keperluan di rumah. Entah itu untuk kebutuhan pendidikan atau pekerjaan. Anda yang membutuhkan rekomendasi printer rumahan mungkin bisa mempertimbangkan Epson L1110.

Ini adalah produk Epson dari L Series yang menggantikan seri L310. Tentunya, L1110 hadir dengan fitur, desain dan spesifikasi yang lebih baik dari pendahulunya. Simak review lengkap tentang kelebihan, kekurangan dan harga produknya di sini ya!

Kelebihan Printer Epson L1110

Epson L1110

Keputusan untuk membeli printer tentu harus didasarkan pada beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah faktor kelebihan produk yang pasti menawarkan berbagai fitur dan keunggulan dibanding pesaing. Lalu apa kelebihan produk ini?

Harga Terjangkau

Harga produk seringkali menjadi hal pertama yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum membuat keputusan pembelian. Baru setelah harga, konsumen akan melihat spek dan fitur yang ditawarkan.

Kabar baiknya, Epson L1110 memiliki harga yang cukup terjangkau bagi semua kalangan. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp2 jutaan. Jika berburu di hari-hari tertentu, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapat harga miring di marketplace.

Sebelum Anda meragukan kualitas produk karena harganya, pahami dulu kalau seri L1110 ini termasuk kategori produk entry level ya.

Sistem EcoTank yang Memudahkan Pengguna

Produk ini memiliki desain yang compact dan simpel sehingga tidak memakan tempat. Anda bisa menempatkannya di berbagai sudut ruang sesuai kebutuhan.

Sementara itu, tangki tintanya juga menggunakan sistem EcoTank. Ini artinya tangki tinta menyatu dan terintegrasi dengan badan printer. Kondisi ini membuat Anda lebih mudah saat mengoperasikan printer.

Selain itu, sistem EcoTank juga meminimalisir resiko tinta tumpah sehingga proses refill tidak sulit dilakukan, bahkan untuk pemula.

Efisien Tinta

Percuma membeli printer berkualitas tapi boros kan?

Anda tidak perlu khawatir untuk mengalami masalah pemborosan saat menggunakan L1110. Namun ada catatannya yakni Anda harus menggunakan tinta asli dari Epson agar produktivitas dan efisiensinya selaras.

Produk ini menggunakan sistem tinta canggih, inkjet Epson yang menggantikan penggunaan cartridge konvensional. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengganti tiap warna tinta saat habis dengan sangat mudah. Jadi, tidak ada lagi pemborosan karena harus ganti semua warna sekaligus.

Kini, memiliki printer berkinerja cetak tinggi dengan cost yang rendah bukan lagi mimpi kan?

Efisiensi Cetak

Tidak hanya fokus pada penghematan tinta yang Anda gunakan , printer Epson satu ini juga menawarkan efisiensi percetakan.

Alat ini mampu mencetak hingga 7.500 lembar (berwarna) dan 4.500 lembar (hitam putih). Bagaimana dengan proses cetaknya?

Epson L1110 diklaim bisa melakukan proses cetak dokumen yang tidak mengecewakan. Untuk halaman hitam kecepatannya bisa mencapai 10 ipm dan 5 ipm bagi halaman berwarna.

Ringan dan Ringkas

Printer satu ini memiliki dimensi yang cukup ringan dan ringkas. Ukurannya hanya 375 x 347 x 169 mm saja dengan berat tidak sampai 3 kg.

Hal ini membuat printer L1110 bisa Anda pindah-pindahkan dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain.

Hasil Cetak Bagus

Epson L1110 masuk kategori printer entry level. Namun, hasil cetaknya tidak kalah bagus dengan printer lain lho. Seri L1110 mampu menghasilkan dokumen dan gambar yang lebih tajam. Resolusi maksimal yang bisa kamu peroleh adalah 5760 x 1440 dpi.

Baca Juga:

Kekurangan Printer Epson L1110

Kekurangan Printer Epson L1110

Di balik pesona printer yang memiliki harga terjangkau ini, ada beberapa koreksi atau kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Apa saja kekurangannya?

Fungsi Tunggal

Dari segi harga yang sangat terjangkau dibandingkan printer lain, maka tidak heran jika alat ini hanya punya fungsi tunggal. Anda hanya bisa melakukan proses cetak dokumen atau foto menggunakan alat ini.

Selebihnya, proses copy dan scan membutuhkan alat lain. Namun, rasanya ini bukanlah masalah karena harga produk entry level ini sudah sangat terjangkau. Jadi, wajar jika hanya punya fungsi basic saja kan?

Komponen Roller Rentan Aus

Pada dasarnya setiap printer bisa saja mengalami kondisi ini. Namun mungkin karena faktor harga sehingga komponen roller pada seri L1110 cukup rentan.

Komponen ini memiliki fungsi untuk menarik kertas saat proses cetak. Penggunaan dalam jangka waktu lama bisa membuatnya aus dan cenderung mengganggu kinerja printer.

Maksimal Kertas Cetak A4

Hal lain yang menjadi kekurangan produk ini adalah jenis kertas atau media cetaknya. Seri L1110 memang bisa mencetak di berbagai media dan jenis kertas.

Namun ukuran maksimalnya hanya kertas A4. Jadi, fungsi atau penggunaannya lebih terbatas pada kebutuhan standar cetak. Anda yang membutuhkan cetak di atas ukuran A4 perlu beralih ke produk lainnya ya!

Bagaimana menurut Anda? Apakah printer Epson L1110 ini layak untuk Anda beli dan gunakan di rumah? Pastikan untuk memperhatikan spesifikasi, termasuk kelebihan dan kekurangannya agar Anda tidak salah beli ya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …