Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Printer Multifungsi Epson L15150?

Photo of author

By Zaki

Printer menjadi kebutuhan penting bagi instansi, organisasi, dan perusahaan untuk operasional sehari-hari. Namun, kebutuhan perusahaan itu berbeda dengan personal. Biasanya, printer yang diincar perlu memiliki spek dan fitur lebih canggih seperti Epson L15150 misalnya.

Ini adalah salah satu produk unggulan dari pabrikan Jepang, Epson yang dikenal dengan kualitas terbaiknya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan produk ini sehingga sangat direkomendasikan untuk kebutuhan bisnis atau komersial?

Kelebihan Epson L15150

Epson L15150

Printer ini termasuk tipe inkjet yang menjadi andalan Epson. Seri L15150 ini hadir dengan beberapa aspek unggul seperti:

  • Konsumsi Listrik Rendah

Epson seri L15150 memiliki body yang lumayan besar karena memang diperuntukkan bagi kebutuhan skala besar. Meski begitu, produk ini diklaim Epson memiliki konsumsi listrik rendah.

Ini menjadi keunggulan pertama yang ditawarkan ke pengguna. Printer L15150 menggunakan teknologi terbaru Heat Free. Melalui teknologi ini berarti printer bisa mencetak dokumen tanpa perlu pemanas. Jadi, printer ini tidak hanya hemat konsumsi listrik, tetapi juga ramah lingkungan.

Berapa total konsumsi listriknya?

Saat beroperasi, printer L15150 hanya memakan daya 19 watt. Sementara itu, status standby hanya butuh 9.1 watt dan posisi sleep membutuhkan 0.8 watt saja. 

  • Konektivitas Lengkap

Produk ini didukung koneksi yang lengkap. Anda bisa menyambungkannya dengan kabel data melalui USB 2.0, wifi, ethernet, dan juga wifi direct. Khusus untuk wifi direct koneksinya bisa mencapai maksimal 8 perangkat.

Kondisi ini sangat mempermudah proses cetak untuk keperluan bisnis. Anda tidak akan menemukan kendala berarti saat ingin mencetak melalui berbagai sumber data.

  • Multifungsi Dengan Resolusi Terbaik

Kelebihan lain dari produk ini adalah fungsinya yang beragam sesuai dengan kebutuhan perkantoran. Anda bisa menggunakan mesin ini untuk mencetak, copy, dan juga memindai dokumen. Selain itu, ada fitur cetak dua sisi otomatis yang bisa Anda andalkan.

Bagaimana dengan resolusinya?

Sesuai dengan harga yang ditawarkan, Epson L15150 memiliki resolusi tinggi. Khusus untuk keperluan cetak, resolusinya mencapai 4800 x 2400 dpi. Sementara itu, resolusi optik untuk pemindaian mencapai 2400 x 1200 dpi. Kemudian, resolusi yang Epson tawarkan untuk fungsi fotokopi adalah 600 x 600 dpi.

Dengan pilihan resolusi di atas, tentunya hasil cetak, copy, dan pindai yang printer ini hasilkan sama sekali tidak mengecewakan.

  • Support Kertas A3+

Anda bisa mencetak dokumen dan gambar dengan pilihan kertas beragam. Selain standar kertas untuk printer biasa, Anda juga bisa menggunakan kertas ukuran F4, A3, Letter, hingga Executive.

Khusus untuk kertas F4, Anda bisa memanfaatkan kertas custom (ukurannya 210 mm x 330 mm).

  • Efektif dan Efisien

Produk ini menggunakan fitur print head PrecisionCore. Fungsinya untuk meningkatkan kecepatan printing agar lebih efisien dan efektif. 

Epson mengklaim produk ini memiliki cost per page yang rendah yakni Rp37 per lembar untuk hitam putih dan Rp110 untuk berwarna. Bagaimana dengan jumlah maksimal volume per botol tintanya?

Untuk warna hitam putih, satu botol tinta hitam bisa mencapai 7500 lembar. Sementara itu, warna cyan, magenta, dan kuningnya masing-masing bisa mencapai 6000 lembar.

Tangki tintanya juga didesain untuk mempermudah Anda melakukan isi ulang. Botol tintanya memiliki nozzle sehingga bisa mencegah tinta tumpah saat refill. Kecepatan print-nya juga tidak perlu diragukan karena mencapai angka 20 ipm untuk hitam putih dan 12 ipm untuk warna.

Sementara itu, sensor pemindainya menggunakan CSI yakni Contact Image Sensor. Kecepatan scannya juga lumayan cepat. Anda hanya butuh waktu sekitar 5 detik untuk memindai dokumen hitam putih dan 10 detik untuk dokumen berwarna.

Kekurangan Epson L15150

Epson L15150

Printer canggih satu ini memiliki spek yang tidak perlu Anda ragukan. Namun jangan salah karena produk ini juga masih punya beberapa poin kekurangan. Cek selengkapnya di bawah ini:

  • Harga Mahal

Epson L15150 memiliki harga yang tergolong mahal sehingga target pasarnya bukan individu atau personal. Berapa sih harganya?

Di marketplace, produk ini dijual dari range harga Rp13.800.000 hingga Rp24.874.000. Meski mahal, namun harga ini sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang Anda peroleh.

  • Lumayan Berat

Sebenarnya, printer ini punya dimensi yang cukup ringkas yakni 515 mm x 500 mm x 350 mm. Sayangnya berat produknya lumayan yakni sekitar 20,7 kg. Untuk itulah sebisa mungkin Anda mencari tempat untuk menaruhnya secara permanen. Jikapun ada perubahan bisa dilakukan namun tidak terlalu sering.

Dari ulasan di atas, bisa Anda lihat bahwa Epson tidak main-main dengan produk andalannya kali ini. Spesifikasi dan fiturnya mengusung teknologi dan penawaran terbaik yang memberikan efektifitas dan efisiensi waktu serta biaya. 

Apakah Anda ingin membeli Epson L15150 ini untuk operasional bisnis ke depannya?

Baca Juga :

Tinggalkan komentar