Ingin Membeli Printer Canon iP2770? Pelajari Plus-Minusnya Dulu, Yuk!

Ingin mencari printer dengan harga yang kurang dari Rp1 juta? Canon iP2770 bisa menjadi andalan Anda. Bukan harganya saja yang ramah di kantong, kualitas printer ini juga patut diacungi jempol. Desainnya yang minimalis juga menjadikan printer ini sebagai printer pilihan banyak orang.

Meski popularitas printer ini begitu ‘membahana’, bukan berarti printer ini hadir tanpa kekurangan. Maka dari itu, mari kita kupas kelebihan dan kekurangan printer yang populer ini!

Kelebihan dan Kekurangan Printer Canon iP2770

Canon iP2770

Apa saja kelebihan dan kekurangan printer yang satu ini? Berikut penjelasannya.

Kelebihan Canon PIXMA iP2770

Ada beberapa poin kelebihan dari printer ini, di antaranya adalah:

Harganya murah dan mudah ditemukan

Harga yang murah sering kali menjadi faktor penentu keputusan seseorang dalam membeli sebuah barang. Nah, inilah yang menjadi kelebihan Canon iP2770: harganya berada di bawah Rp1 juta.

Bukan cuma itu. Karena printer ini banyak digemari, tidak heran Anda bisa menjumpai printer ini di mana-mana, mulai dari marketplace hingga toko offline.

Canon sendiri menjual printer ini melalui situs resminya. Per Oktober 2022, harga printer ini adalah Rp820 ribu. Cukup terjangkau, bukan?

Desain yang simpel dan minimalis

Kelebihan selanjutnya dari printer Canon ini adalah desainnya yang simpel. Dimensinya pun tidak begitu besar (445 x 250 x 130 mm untuk panjang, lebar, dan tinggi berturut-turut) sehingga tidak akan terlalu memenuhi meja kerja Anda.

Kecepatan cetak yang lumayan bagus

Meskipun murah, kualitas cetak Canon iP2770 tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk sebuah pencetakan gambar berukuran 4×6 inchi dengan kualitas standar, printer ini membutuhkan waktu 55 detik.

Jika kualitas cetaknya diturunkan, jumlah halaman tercetak per menitnya menjadi lebih banyak. Dilansir dari berbagai sumber, printer ini mampu mencetak 7 ppm (pages per minute) untuk cetakan monokrom. Untuk cetakan berwarna, iP2770 sanggup menghasilkan 4,8 ppm.

Apakah hal ini cukup baik? Di kelas printer low-end seperti ini, kecepatan ini bisa dikatakan sudah cukup cepat.

Resolusi cetak yang baik

Tidak hanya cepat menyelesaikan cetakan dokumen, kualitas cetak yang dihasilkan printer ini juga lumayan. Resolusi maksimal cetak printer ini adalah 4800 x 1200 dpi. Dengan resolusi tersebut, gambar yang dihasilkan bisa jernih dan memiliki detail yang cukup tajam.

Tidak berisik

Beberapa orang pasti setuju bahwa suara printer kadang-kadang cukup mengganggu. Sayangnya, mustahil sebuah printer tidak mengeluarkan suara sama sekali. Untungnya, risiko tersebut bisa ditekan dengan memilih printer ini.

Dilansir dari penjelasan spesifikasi produk yang terdapat di situs resmi Canon Indonesia, printer iP2770 ini hanya menghasilkan 47 dB ketika sedang beroperasi.

Sebagai perbandingan, manusia pada umumnya berbicara dengan tingkat kebisingan 50-65 desibel. Jadi, bisa dikatakan suara yang dihasilkan printer ini tidak akan begitu mengganggumu.

Baca Juga:

Kelemahan Printer Canon PIXMA iP2770

Setelah mengetahui apa saja kelebihan printer ini, mari kita pelajari apa saja kelemahannya. Berikut adalah beberapa poinnya.

Tidak multifungsi

Kekurangan utama dari printer ini adalah kemampuan printer yang terbatas. Sebagaimana telah diketahui, printer ini bukanlah printer all in one. Jadi, Anda hanya bisa mencetak dokumen/gambar saja. Tidak ada fitur copy maupun scan sebagaimana tersedia di banyak printer yang lebih modern.

Tidak ada fitur Wi-Fi

Saat ini, fitur mencetak tanpa menggunakan koneksi USB menjadi tren yang banyak diimplementasikan di banyak merek printer. Sayang sekali, Canon iP2770 tidak memiliki fitur ini. Jadi, Anda hanya bisa mencetak dokumen/gambar jika menghubungkan printer ini ke komputer.

Jika data tidak ada di komputer, maka secara otomatis Anda perlu memindahkannya dulu ke komputer. Baru setelah itu, Anda bisa mencetaknya dengan printer iP2770. Jadi kurang praktis, bukan?

Tidak ada tangki tinta

Satu-satunya ‘sumber’ tinta pada printer ini adalah dari cartridge. Penggunaan cartridge memang akan membuat tampilan printer lebih ringkas. Akan tetapi, penggunaan cartridge ini juga bisa menimbulkan masalah.

Salah satu contoh permasalahan yang umum terjadi pada cartridge adalah keringnya tinta pada print head—bagian ujung cartridge yang berhadapan langsung dengan kertas. Permasalahan ini biasanya timbul jika printer jarang digunakan. Jika dibiarkan, hal ini bisa menghambat kerja Anda, bukan?

Bukan hanya masalah print head saja—permasalahan lain pada cartridge juga bisa timbul rata-rata setelah masa pemakaian 3 bulan. Karena itulah, penggunaan cartridge sering kali dianggap kurang awet.

Biaya cartridge yang tidak sedikit

Harga cartridge rata-rata untuk printer Canon iP2770 adalah Rp200 ribu-Rp300 ribu. Karena itulah, jika terlalu sering rusak, menggunakan printer ini tidak lagi bisa dianggap hemat.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan printer Canon iP2770. Harganya memang murah dan kualitas cetaknya pun bisa dikatakan oke untuk kelasnya. Namun, mengingat ada beberapa kekurangan yang telah disebutkan di atas, tampaknya memilih printer ini butuh pertimbangan lebih lanjut.

Bagaimana menurut Anda, apakah menurut Anda printer ini adalah pilihan yang tepat?

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …