Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson L1800 A3

Photo of author

By Zaki

Anda butuh printer untuk cetak dokumen dan foto dengan spesifikasi terbaik? Atau mungkin, Anda ingin membuka usaha dan butuh printer untuk operasional? Coba saja pertimbangkan membeli Epson L1800. Produk ini diklaim lebih baik dari seri L800 lho.

Banyak pelaku usaha yang memilih menggunakan produk ini karena masuk kategori printer desktop. Contohnya seperti percetakan undangan hingga kartu nama. Bagaimana dengan kebutuhan personal? Temukan jawabannya dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya di sini.

Kelebihan Printer Epson L1800

Epson L1800

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah kelebihan produk. Ini menjadi nilai plus yang meningkatkan value produk. Apa yang membuat produk ini layak Anda pertimbangkan dibandingkan pesaingnya yang lain? 

  • Bisa Cetak Borderless Maksimal Sampai A3

Tidak semua printer memiliki fitur untuk borderless printing. Namun ini jelas berbeda bagi Epson L1800. 

Anda bisa mencetak tanpa garis tepi di suatu media menggunakan printer ini. Bahkan ukuran maksimal dari medianya bisa mencapai A3. Cukup besar bukan?

Selain itu, Anda bisa menggunakan printer ini untuk mencetak di atas kertas foto, glossy paper, amplop, kartu, hingga matte paper.

  • Resolusi Tajam

Epson memang tidak pernah main-main untuk kualitas cetak foto di printer andalannya. Khusus produk L1800 ini, resolusinya bisa mencapai 5760 x 1440 sehingga gambar dan warna yang dihasilkan sangat tajam. 

Kondisi ini tidak lepas dari penggunaan warna dasar yang mencapai 6 kategori. Cocok banget untuk bisnis cetak foto atau undangan.

  • Efisien

Printer ini menggunakan sistem infus dengan 6 buah botol tinta. Artinya sistem tinta terintegrasi dengan sangat baik dan bisa menambah nilai ekonomis. Pada dasarnya, untuk sistem tinta penuh, L1800 bisa mencetak foto hingga 1500 lembar dengan ketentuan ukuran 4R dan halaman borderless

Sementara itu, Anda bisa mencetak dokumen hitam putih di angka 2600 lembar. Bagaimana dengan dokumen berwarna? Alat ini bisa mencetak hingga 4700 lembar.

  • Kecepatannya Mumpuni

Speed mencetak selalu jadi salah satu faktor penting dalam memilih printer. Alat ini memiliki kecepatan cetak yang tidak perlu kamu ragukan lagi.

Untuk printing dokumen hitam putih, Anda bisa mendapatkan 15 lembar dalam waktu 1 menit saja. Lalu, untuk cetak foto borderless dengan ukuran 4R, printer ini bisa mencetak dalam waktu 45 detik saja.

  • Perawatan Mudah

Selain pengoperasian yang mudah, proses perawatan seringkali menjadi highlight suatu printer. Sangat disayangkan jika ada printer canggih tapi perawatannya sulit. Ini bisa merepotkan pengguna.

Nah, printer L1800 ini sangat mudah dirawat. Alasannya L1800 menggunakan sistem tangki tinta yang dirancang secara khusus untuk memudahkan pengguna. Pertama, sistem ini punya fitur anti bocor. Kedua, desainnya membuat proses pengisian tinta lebih mudah. 

Tangki infus 6 warnanya didesain menyatu dengan badan printer. Namun, Anda hanya perlu melepaskan kotak infus, membaliknya dan lanjut lakukan isi ulang. Tidak ada cerita tinta tercecer jika Anda menggunakan printer satu ini. 

Baca Juga :

Kekurangan Epson L1800

Epson L1800

Tidak hanya soal kelebihan produk, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan produk sebelum membuat keputusan pembelian. Dengan mengetahui kekurangan produk, maka Anda juga bisa tahu apakah biaya yang dikeluarkan worth it atau tidak. Berikut beberapa kekurangan Epson L1800:

  • Konektivitas Belum Didukung Wifi

Anda yang membutuhkan jaringan wifi untuk mencetak dokumen lebih cepat sepertinya harus mempertimbangkan kembali produk ini. Alasannya L1800 masih menggunakan kabel data untuk menghubungkan printer dengan komputer.

Jadi bisa dibilang, printer ini masih menggunakan model lama yang belum didukung koneksi nirkabel. 

  • Fungsi Tunggal

Beberapa orang memilih membeli printer dengan fungsi beragam seperti bisa scan, fotokopi, dan juga cetak. 

Sayangnya, L1800 belum masuk kategori printer multi fungsi. Anda hanya bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen dan foto saja.

  • Rentan Bermasalah dengan Kertas Foto

Printer ini menggunakan sistem penggulungan kertas dari bawah ke atas. Hal ini ternyata menimbulkan sedikit kendala saat Anda menggunakan kertas foto untuk mencetak. 

Bagaimana dengan penggunaan kertas biasa? Anda tidak perlu khawatir karena  tidak ada masalah untuk penggunaan kertas di luar kertas foto ya.

  • Harga Cukup Mahal

Spesifikasi yang cukup handal dengan berbagai fitur menarik membuat printer ini memiliki harga cukup mahal. Khususnya bagi Anda yang ingin membeli L1800 untuk keperluan pribadi di rumah.

Produk ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 8.999.000 di marketplace. Jika ingin mendapat harga lebih murah, mungkin Anda bisa mempertimbangkan pembelian printer L1800 bekas.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati saat membeli produk bekas. Jangan sampai tertipu oleh penjual nakal yang mengelabui pembeli hanya demi mendapat keuntungan.Dari penjelasan di atas, menurut Anda, apakah printer Epson L1800 ini worth it untuk dibeli? Pastikan Anda mempertimbangkan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangannya terlebih dahulu sebelum membuat keputusan.

Tinggalkan komentar