Printer Epson L120: Kualitas Cetak, Penggunaan Tinta, Harga

Jika Anda sedang mencari printer yang punya kualitas bagus, desain oke, dan fitur yang jempolan, Epson punya berbagai pilihan printer yang cocok untuk Anda. Salah satunya adalah printer Epson seri L, contohnya seperti printer tipe L120.

Kali ini, kita akan membahas mengenai spesifikasi printer Epson L120—printer Epson yang memiliki tangki tinta built-in dan diklaim memiliki tingkat konsumsi tinta yang hemat. Seperti apa spesifikasinya? Yuk, pelajari bersama melalui artikel berikut!

Spesifikasi Printer Epson L120

Printer Epson L120

Printer Epson L120 merupakan printer yang dikhususkan untuk proses printing saja. Jadi, printer ini bukanlah printer all in one yang juga bisa digunakan untuk melakukan pemindaian (scan) atau penggandaan dokumen (copy).

Meskipun hanya bisa digunakan untuk mencetak, hal ini bukan berarti printer Epson tipe L120 adalah printer yang berkualitas buruk. Pada penjelasan berikut, Anda bisa menjumpai spesifikasi printer ini mulai dari harga, kapasitas cetak, hingga dimensi printer itu sendiri.

Baca Juga:

Kapan printer ini dirilis?

Printer Epson tipe L120 merupakan printer yang sudah cukup lama dirilis, yaitu pada Juni 2014. Meski sudah cukup lama beredar di pasaran, berbagai fitur yang dimiliki printer ini cukup lengkap untuk mengakomodasi kebutuhan cetak dokumen teks maupun gambar.

Penggunaan

Printer ini hanya bisa digunakan untuk mencetak (print) saja, khususnya untuk kebutuhan personal dan kantor. Printer ini bisa digunakan untuk kebutuhan mencetak dokumen baik monokrom (hitam putih) ataupun warna. Bisa juga digunakan untuk mencetak gambar, namun hasilnya mungkin akan kurang tajam.

Harga

Harga printer ini cukup bervariasi. Mengacu pada harga di berbagai marketplace, printer Epson L120 baru dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,2 jutaan. Dibandingkan dengan printer dari brand lain, harga ini bisa dikatakan lumayan tinggi, namun sepadan dengan kualitas yang ditawarkan.

Dimensi printer

Printer ini memiliki ukuran 461 x 215 x 130 mm (panjang x lebar x tinggi), sedangkan untuk beratnya adalah sekitar 2,4 kg. Dibandingkan dengan ukuran printer Epson tipe L generasi sebelumnya, ukuran L120 bisa dikatakan lebih compact dan ringan.

Konektivitas

Printer ini hanya beroperasi dengan konektivitas USB (minimal versi 2.0). Artinya, tidak ada fitur cetak melalui Wi-Fi seperti yang sudah tersedia di perangkat printer modern.

Kecepatan cetak

Printer Epson tipe L120 bisa mencetak dengan kecepatan 4,5 ipm (images per minute) untuk dokumen gambar berwarna dan 8,5 ipm untuk dokumen gambar monokrom.

Jika Anda menggunakan printer ini untuk mencetak dokumen berisikan teks saja, maka jumlah halaman yang dicetak per menitnya lebih banyak daripada angka yang disebutkan.

Kualitas cetak

Meskipun L120 bisa digunakan untuk mencetak gambar, resolusi cetak yang kecil (720 x 720 dpi) menyebabkan hasil cetak kurang tajam.

Resolusi ini jelas kalah daripada printer lain dalam seri yang sama—misalnya seperti L1300, L1800, dan L555. Pasalnya, ketiga printer yang disebutkan memiliki resolusi cetak maksimal 5.760 x 1.440 dpi. Dengan resolusi cetak yang tinggi, bisa dipastikan kualitas gambar yang dicetak pun akan jadi lebih tajam.

Maka dari itulah, printer Epson tipe L120 ini kurang tepat digunakan untuk mencetak foto, brosur, maupun produk grafis lain yang membutuhkan detail tinggi.

Penggunaan tinta

Sebagaimana telah disebutkan, printer Epson L120 memiliki tangki built-in yang ditempatkan di sisi bodi printer. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengganti cartridge. Anda bisa memasukkan tinta langsung ke tangki yang disediakan.

Apakah printer ini hemat tinta? Beberapa sumber menyebutkan bahwa printer ini sangat hemat tinta. Walaupun Anda tidak mengatur kualitas cetak printer dalam mode draft, printer ini sanggup mencetak 4.000 halaman monokrom dan 6.500 halaman warna untuk satu kali isi ulang tinta.

Tangki tinta

Jumlah tangki tinta printer ini ada empat—yaitu tangki tinta biru, merah, kuning, dan hitam. Kapasitas tiap tangki tinta adalah 40 ml.

Harga tinta

Apakah harga tinta Epson L120 tergolong mahal? Setiap toko tentu menjual tinta untuk Epson dengan harga bervariasi, namun harga per botol tinta printer Epson (70 ml) berada di kisaran Rp80 ribu. Mengingat ada empat tangki, Anda perlu menyediakan sekitar Rp320 ribu untuk membeli botol tinta printer.

Kapasitas paper tray

Jumlah kertas maksimal yang dapat ditampung oleh printer ini adalah 50 lembar dengan jenis kertas A4 75 gsm. Di sisi lain, ukuran kertas paling besar yang dapat dipakai untuk mencetak adalah sebesar 215.9 x 1117.6 mm.

Baca Juga: Cara Reset Printer Epson L120

Nah, itulah informasi mengenai spesifikasi printer Epson L120. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa printer ini cocok untuk Anda yang membutuhkan printer untuk penggunaan personal—baik di rumah maupun di kantor. Sayangnya, printer yang hemat tinta ini kurang cocok digunakan untuk mencetak dokumen yang membutuhkan detail tajam seperti foto, brosur, maupun poster.

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …