Spesifikasi Printer Epson L360, Printer All in One yang Hemat Tinta

Mau beli printer yang berkualitas tinggi? Nama brand ‘Epson’ pasti akan masuk sebagai salah satu merek printer yang direkomendasikan. Di artikel ini, kita akan membahas mengenai salah satu tipe printer Epson L-series, yaitu Epson L360.

Tipe printer ini memiliki tangki tinta yang sama dengan kebanyakan printer Epson L-series lainnya, seperti L120 atau L3110. Selain tangki tinta, fitur apa lagi yang ada di printer ini? Untuk Anda yang ingin mencari printer Epson all in one untuk kebutuhan personal di rumah maupun di kantor, yuk, intip spesifikasi Epson tipe L360 ini!

Spesifikasi Epson L360

Epson L360

Pada penjelasan berikut, Anda akan mengetahui detail kegunaan, dimensi, kecepatan cetak, hingga harga dari printer Epson yang satu ini.

Kegunaan

Printer Epson tipe L360 merupakan tipe printer all in one; artinya, Anda bisa menggunakan printer ini untuk kebutuhan mencetak (printing), memindai (scanning), dan menggandakan dokumen (copying).

Dengan tiga fungsi tersebut, printer ini tak hanya cocok untuk digunakan di rumah saja—pekerjaan Anda di kantor pun bisa diselesaikan dengan bantuan printer multifungsi ini. Tak perlu lagi berangkat ke kios fotokopi sebab printer ini bisa menggandakan dokumen baik dengan output monokrom atau berwarna.

Dimensi printer

Dimensi printer Epson tipe L360 adalah 482 x 300 x 145 mm (panjang x lebar x tinggi). Bagaimana dengan beratnya? Printer Epson ini memiliki berat 4,4 kg.

Printer ini cukup berat dan besar ukurannya dibandingkan dengan printer L-series lain, misalnya seperti L310 dan L120. Perbandingan beratnya pun hampir dua kali lipat: Epson L120 memiliki bobot 2,4 kg, sedangkan printer Epson tipe L310 hadir dengan bobot 2,8 kg.

Baca Juga:

Harga

Berdasarkan hasil pencarian di beberapa marketplace, printer Epson L360 cukup sulit untuk dijumpai dengan kondisi baru. Maka dari itu, harga jual L360 pun bisa dibilang miring, yaitu di kisaran Rp1,4 juta.

Dilansir dari salah satu sumber, Epson disebut-sebut telah membuat versi terbaru dari printer Epson ini. Versi terbaru dari printer Epson tipe L360 adalah L3110. Tak heran, Anda bisa menjumpai printer Epson L3110 sebagai rekomendasi ketika sedang mencari Epson tipe L360.

Konektivitas

Printer Epson tipe L360 dapat digunakan hanya melalui koneksi USB (minimum versi USB 2.0). Jadi, Anda tidak bisa mencetak dokumen/gambar langsung melalui koneksi Wi-Fi sebagaimana dapat dijumpai di printer-printer modern.

Kualitas pencetakan, pemindaian, dan penggandaan dokumen

Printer inkjet all in one ini bisa diandalkan untuk mencetak dengan ketajaman yang tinggi. Pasalnya, resolusi cetak maksimalnya mencapai 5760 x 1440 dpi.

Bagaimana dengan kualitas scanning dari printer ini? Berdasarkan brosur produk yang diterbitkan Epson, printer ini memiliki scanner dengan resolusi optik sebesar 600 x 1200 dpi dengan luas area A4. Hasil cetaknya mungkin kurang tajam, namun cukup baik untuk pemindaian biasa.

Kecepatan cetak, pemindaian, dan penggandaan dokumen

Kecepatan cetak printer ini tentunya tergantung pada kualitas cetak yang diharapkan. Berikut kecepatan cetak untuk masing-masing pilihan mode cetak di printer Epson L360.

  • Mode draft. Kecepatan cetak dokumen teks A4 adalah 33 ppm (pages per minute) untuk output cetak monokrom, sedangkan untuk output cetak warna adalah 15 ppm.
  • Mode ISO 24734. Kecepatan cetak dokumen gambar di kertas berukuran A4 adalah 9,2 ipm (images per minute) untuk output monokrom, sedangkan untuk output cetak warna adalah 4,5 ipm.
  • Mode max photo draft. Kecepatan cetak gambar berukutan 10×15 cm (dengan border) untuk mode ini adalah 27 detik per gambar. 
  • Mode photo default. Kecepatan cetak gambar dengan ukuran 10×15 cm adalah 69 detik per gambar.

Lalu, bagaimana dengan kecepatan pemindaian dan penggandaan dokumen dengan menggunakan printer ini?

Kecepatan pindai dengan resolusi 300 dpi adalah 11 detik untuk pindaian monokrom, sedangkan untuk pindaian berwarna, proses pemindaian memakan waktu 33 detik.

Di sisi lain, kecepatan copy dokumen adalah sekitar 5 detik untuk menggandakan dokumen dengan output monokrom. Kalau Anda ingin menggandakan dokumen dengan output berwarna, maka hal ini akan memakan waktu 10 detik.

Tinta

Printer ini memiliki tangki tinta built-in di sebelah kanan bodi printer. Dengan tangki ini, Anda tidak perlu mengganti cartridge ketika printer kehabisan tinta. Cukup isi tangki tersebut dengan tinta refill yang bisa Anda beli dari toko maupun marketplace.

Ada empat tangki tinta yang bisa Anda jumpai di printer ini. Sebagaimana printer inkjet pada umumnya, warna-warna yang digunakan meliputi hitam, biru, merah, dan kuning.

Konsumsi tinta

Printer Epson L360 ini bisa dikatakan sebagai printer yang hemat tinta. Pasalnya, Epson sendiri mengklaim bahwa untuk satu kali pengisian tinta, printer bisa mencetak hingga 4.500 halaman hitam putih. Untuk output warna, printer ini diklaim bisa mencetak hingga 7.500 halaman untuk setiap kali isi ulang tinta.

Berdasarkan penjelasan spesifikasi di atas, apakah printer Epson L360 adalah printer yang cocok untuk Anda? Jika Anda ingin mencari printer all in one yang hemat tinta dan berharga murah, tipe L360 bisa menjadi salah satu printer pilihan yang tepat.

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …