Review Epson L310, Printer Harga Terjangkau yang Bisa Diandalkan

Photo of author

By Zaki

Epson L310 adalah produk printer dari L Series yang laris manis di pasaran sejak dirilis. Target utamanya untuk kebutuhan harian yang ringan sehingga termasuk kategori entry level.

Tidak heran jika produk ini dijual dengan harga cukup terjangkau. Anda yang membutuhkan printer baru di rumah mungkin bisa mempertimbangkan untuk membelinya di tahun 2023 ini. Namun jangan gegabah, Anda bisa cek review lengkapnya di sini.

Kelebihan Printer Epson L310

Printer Epson L310

Memahami kelebihan suatu produk akan membantu Anda memutuskan apakah biaya yang dikeluarkan sepadan? Selain itu, poin kelebihan juga menjadi value tersendiri saat Anda butuh perbandingan dengan produk sejenis. Yuk, simak apa saja kelebihan printer Epson L310 ini?

1. Harga Kurang Dari Rp2 Juta

Kelebihan utama dari produk ini adalah harganya yang merakyat dan murah meriah. Dengan budget kurang dari Rp2 juta, Anda sudah mendapat printer lengkap dengan satu set botol tinta. 

Satu set tinta ini terdiri dari 4 warna yakni hitam, cyan, magenta, dan kuning. Harga ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki printer di rumah untuk keperluan sehari-hari seperti kuliah dan bekerja.

2. Desain Minimalis dan Tidak Merepotkan

Banyak printer di luar sana yang memiliki body cukup besar dan sulit ditaruh di beberapa tempat. Ini berbeda dengan L310 karena desainnya dibuat untuk memudahkan pengguna.

Pertama, cartridge sudah terintegrasi di sisi kanan body printer sehingga Anda tidak perlu lagi untuk buka tutupnya saat ingin refill tinta. Kedua, L310 juga memiliki desain minimalis dan cukup tipis. Bahkan beratnya hanya sekitar 2 kg saja. Anda bisa menempatkannya di meja atau sudut ruangan yang sempit sekalipun.

3. Kecepatan Cetak Bagus

Percuma jika Anda membeli printer murah tapi kinerjanya lambat. Nah, ini jelas tidak sama dengan L310. Produk Epson satu ini menawarkan printing speed yang tak kalah baik. Kecepatannya mencapai 30 ppm dan ISO-nya bisa mencapai 9.2 ppm.

Angkanya tidak kalah cepat dengan printer pesaing di kelas yang sama kan?

4. Resolusi Gambar Tajam

Salah satu indikator yang bisa Anda gunakan untuk menilai value suatu printer adalah hasil cetak. Satu di antaranya terkait dengan resolusi gambar.

Produk ini menawarkan resolusi 5760 x 1440 dpi. Dengan resolusi ini, maka hasil cetak gambar dari L310 tidak akan pecah.

Sebagai informasi saja, angka ini sepertinya menjadi standar Epson untuk membuat produk printer. Jadi, meski Epson L310 termasuk kategori printer level entry namun kualitas cetak tidak kalah bagus dengan spek di atasnya.

5. Media Kertas Beragam

Kelebihan lain dari produk ini adalah penggunaan kertas sebagai media cetak yang cukup bervariasi. Ukuran kertas paling besar yang bisa Anda gunakan untuk printer ini adalah 215.9 x 1117.6 mm.

Kemudian untuk jenis kertasnya juga beragam mulai dari kertas foto, kertas glossy brochure, matter brochure, hingga amplop.

Selain itu, daya tampung di tray printer ini juga lumayan lega yakni maksimal bisa 100 lembar untuk kertas A4 dan 20 lembar untuk kertas foto.

6. Efisien Penggunaan Listrik

Beberapa produk printer punya daya yang cukup tinggi sehingga boros listrik. Namun, Epson punya komitmen untuk menyelaraskan harga jual produk yang terjangkau dan hemat penggunaan listrik.

Epson L310 hanya memakan daya 10 watt saat pemakaian dan 2.2 watt ketika posisinya stand by. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tagihan listrik rumah membengkak setelah menggunakan printer ini.

Baca Juga :

Kekurangan Printer Epson L310

Printer Epson L310

Bagaimana dengan sisi minus atau kekurangan dari produk ini? Sebelum berekspektasi terlalu tinggi, sebaiknya Anda kembali mengingat bahwa printer ini kategori entry level dengan harga terjangkau. Jadi, mungkin ada beberapa hal yang kurang memadai.

1. Hanya Bisa Cetak Saja

Apa yang Anda harapkan dari printer harga Rp1 jutaan? Tentu saja, fungsi utamanya hanya untuk printing atau cetak dokumen dan foto saja. Tidak ada fungsi tambahan seperti fotokopi atau pemindai yang biasanya ada di printerprinter mahal di luar sana.

2. Koneksi Masih Butuh Kabel Data

Berbeda dengan kebanyakan printer keluaran terbaru yang harganya lebih mahal, L310 masih menggunakan koneksi lama yakni USB port. Anda masih harus menghubungkan printer ini dengan perangkat komputer menggunakan kabel data.

3. Jika Terjadi Kerusakan Biayanya Cukup Mahal

Kerusakan yang dimaksud di sini adalah head printer yang rusak. Jika Anda tidak beruntung dan mengalaminya maka biaya penggantian atau service terbilang mahal.  Meski tidak diinginkan, namun Anda bisa mempersiapkan di awal agar tidak menjadi kendala saat terjadi kerusakan secara tiba-tiba.

Nah, dari ulasan tentang Epson L310 di atas, menurut kami printer ini cocok untuk penggunaan harian yang ringan. Penggunaannya cocok untuk pelajar, mahasiswa, atau Anda yang berstatus pekerja dan membutuhkan printer di rumah. Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan komentar