Cara Mengetahui WA Disadap atau Tidak

Sebuah hubungan terkadang memang melahirkan sebuah kecurigaan. Maka tak jarang satu sama lain saling mengintai. Salah satunya adalah melihat isi pesan pribadi WA orang yang dicurigai. Masalahnya bagaimana jika kita yang dicurigai, maka cara mengetahui WA disadap atau tidak ini bisa Anda gunakan untuk mengeceknya.

Whatsapp kini menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk berbagai jenis komunikasi seperti mengirim pesan, gambar, video, melakukan panggilan, atau video call. Namun demikian, Whatsapp bisa dijadikan sarana untuk melakukan kejahatan siber dengan menyadapnya sehingga segala aktivitas dan percakapan target bisa diketahui.

Lalu bagaimana cara mengeceknya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Beberapa Cara Mengetahui WA Disadap

1. Ciri-ciri WA Disadap Pakai WA Web

WhatsApp Web di HP memang yang paling mudah digunakan untuk menyadap WA. Jika Anda curiga, cara mengetahui wa disadap pakai whatsapp web ini cukup mudah dilakukan. Berikut adalah caranya:

1. Klik titik tiga di bagian pojok kanan atas

Cek WA Disadap 1

 

2. Klik perangkat tertaut

Cek WA Disadap 2

3. Lihat apakah ada perangkat tertaut yang tidak Anda kenali, jika ada perangkat yang bukan milik Anda tertaut di aplikasi ijo milik Anda, maka itu adalah perangkat yang menyadap Anda.

4. Untuk pencegahannya cukup mudah, tinggal klik perangkat asing tersebut lalu klik keluar.

Cek WA Disadap 3

Perlu diketahui, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyadap WhatsApp, di antaranya adalah dengan aplikasi seperti Truecaller dan lainnya. Maka Anda perlu mengetahui ciri-ciri lainnya seperti beberapa hal di bawah.

2. Memeriksa Daftar Kontak

Cara pertama untuk mengetahui WA sedang disadap atau tidak adalah memeriksa daftar kontak. Orang yang masuk ke dalam daftar kontak tentu merupakan orang yang dikenal. Namun bila menemukan kontak baru yang tidak dikenal, harap waspada karena bisa jadi itu adalah akun yang sedang membajak WA.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

3. Akun Mengalami Logout dengan Sendirinya

Bila saat menggunakan Whatsapp aplikasi sering keluar atau logout sendiri, maka ada kemungkinan WA sedang disadap. Hal ini bisa terjadi karena One Time Password (OTP) yang digunakan untuk memindah akun WA diketahui atau diberitahukan pada orang lain. Hal ini membuat akun WA bisa berpindah ke ponsel orang yang menyadap.

4. Terdapat Aplikasi Asing yang Tidak Diketahui

Bila ada aplikasi asing yang tidak diketahui muncul tiba-tiba, maka perlu mewaspadai penyadapan WA. Banyak orang menganggap bahwa kemunculan aplikasi asing merupakan bawaan dari hasil update sistem ponsel. Namun, kemungkinan tersebut sangatlah kecil. Alih-alih memercayai sebagai aplikasi bawaan, ada baiknya untuk mengecek kegunaan aplikasi asing yang baru muncul di internet karena bisa saja merupakan aplikasi untuk menyadap.

5. Ada Kiriman OTP Secara Tiba-tiba

Adanya kiriman One Time Password (OTP) secara tiba-tiba meski tidak sedang beralih ke perangkat baru dapat menjadi pertanda bahwa Whatsapp sedang mengalami penyadapan atau pembajakan. OTP sendiri biasanya akan dikirimkan secara otomatis apabila seseorang berusaha masuk ke perangkat lain menggunakan akun whatsapp yang sama. Oleh karena itu, kiriman OTP secara tiba-tiba patut dicurigai sebagai penyadapan.

Cara Menonaktifkan WA Seseorang Tanpa Memblokir

6. Terlihat Online Saat Tidak Aktif

WA yang sedang disadap dapat diketahui dengan cara melihat status online akun milik sendiri. Namun, langkah ini hanya bisa dilihat melalui akun whatsapp yang berbeda baik dari perangkat milik sendiri atapun milik orang lain. Bila Anda sedang tidak membuka aplikasi tapi status terlihat online, maka perlu mencurigai adanya penyadapan atau pembajakan.

7. Pesan Terbaca dengan Sendirinya

Hal lain yang menandakan WA sedang dibajak adalah pesan yang terbaca dengan sendirinya (centang biru) padahal pemilik akun belum membuka pesan sama sekali. Namun seperti cara sebelumnya, agar bisa mengetahui apakah pesan terbaca sendiri atau tidak adalah dengan bantuan akun lain atau menggunakan perangkat milik orang lain.

8. Pesan Terkirim Sendiri

Pengiriman pesan dengan WA seharusnya hanya bisa dilakukan sesuai dengan kemauan pemilik akun. Namun bila pemilik akun belum mengeklik tanda kirim pesan tapi pesan bisa terkirim dengan sendirinya, maka bisa dipastikan akun WA sedang disadap.

Bagaimana Cara Mencegah Agar WA Tidak Disadap?

Cara Mencegah Agar WA Tidak Disadap

Penyadapan WA dapat menjadi sesuatu yang mengganggu dan bahkan membahayakan, sehingga perlu segera ditanggulangi. Berikut beberapa cara agar WA tidak disadap:

  • Melakukan verifikasi dua langkah atau two step verification.
  • Mengaktifkan pemindaian sidik jari.
  • Melakukan logout dari WA Web.
  • Hapus aplikasi asing yang mencurigakan.
  • Mengganti nomor WA.
  • Lakukan force close (paksa berhenti) pada WA.
  • Instal ulang Whatsapp

Itulah berbagai cara mengetahui WA disadap berikut langkah-langkah menanggulanginya. Semoga Anda selalu aman dari upaya kejahatan siber.

Check Also

Kekurangan Live Streaming SCTV

Nonton Live Streaming SCTV GRATIS

Printerius.com – Untuk para penggemar sinetron atau acara televisi yang disuguhkan oleh SCTV, maka harus …