Cara Menghentikan Sadap WA *21*

Dulu, penyadapan dilakukan melalui panggilan pada telefon. Saat ini, penyadapan bisa dilakukan dari Whatsapp atau WA yang merupakan aplikasi perpesanan. Salah satu cara yang dipercaya bisa menyadap WA seseorang adalah dengan menggunakan kode *21*. Lalu bagaimanakah cara menghentikan sadap WA *21*? Simak penjelasannya di bawah ini!

Tanda-tanda Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui WA Disadap

Penyadapan Whatsapp bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang-orang terdekat. Untuk tandanya sudah kami ulas lengkap di cara mengetahui WA disadap atau tidak, silahkan baca lebih dulu. Tanda-tanda lainnya adalah sebagai berikut:

Terdapat Aplikasi Asing yang Tidak Diketahui

Ciri pertama WA disadap yaitu adalah munculnya aplikasi asing yang tidak diketahui. Bagi sebagian orang, kemunculan aplikasi asing mungkin dianggap sebagai aplikasi bawaan atau hasil update dari sistem ponsel. Padahal, bisa saja aplikasi tersebut merupakan alat sadap yang dikirimkan seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengecek kegunaan aplikasi yang baru muncul di internet.

Tiba-tiba Logout

Bila saat menggunakan Whatsapp aplikasi sering keluar atau logout sendiri, maka ada kemungkinan WA sedang disadap. Hal ini bisa terjadi karena One Time Password (OTP) yang digunakan untuk memindah akun WA diketahui atau diberitahukan pada orang lain. Hal ini membuat akun WA bisa berpindah ke ponsel orang yang menyadap.

Tertaut dengan Perangkat Tak Dikenal

Ciri lain yang menandakan WA sedang disadap yaitu tertaut pada perangkat tidak dikenal. Cara mengetahui apakah ada perangkat tak dikenal yang tertaut yaitu klik titik tiga vertikal pada pojok kanan atas lalu pilih menu ‘Perangkat Tertaut’. Bila menemukan perangkat tak dikenal, harap segera logout dari tautan tersebut.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Bagaimana Cara Menghentikan Sadap WA *21*?

Cara Menghentikan Sadap WA *21*

Banyak orang memercayai bahwa mereka bisa melakukan penyadapan terhadap WA orang lain dengan kode *21*. Namun demikian, penyadapan WA dengan *21* merupakan cara yang tidak akan berhasil dilakukan layaknya kode serupa yang dipercaya yakni *515*No.Hp#. Sebab, *21* adalah kode yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan panggilan. Tujuan penggunaan kode ini adalah untuk memastikan agar panggilan maupun pesan pada WA tidak diteruskan ke nomor lain.

Cara Menonaktifkan WA Seseorang Tanpa Memblokir

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Pencegahan

Cara Mencegah Agar WA Tidak Disadap

Penyadapan WA tentu dapat menjadi hal yang berbahaya bagi seseorang. Berikut beberapa cara menghentikan penyadapan WA:

Verifikasi Dua Langkah

Cara pertama untuk menghentikan penyadapan WA yaitu dengan melakukan verifikasi dua langkah. Verifikasi dua langkah merupakan fitur opsional pada WA yang dapat memberikan keamanan ekstra pada sebuah akun agar orang lain tidak bisa membajak dengan mudah. Inilah cara melakukan verifikasi dua langkah:

  • Klik titik tiga pada pojok kanan atas aplikasi Whatsapp lalu pilih menu ‘Setting’.
  • Masuk ke pengaturan ‘Account’ dan pilih ‘Two Step Verification’.
  • Permintaan aktivasi verifikasi dua langkah menggunakan PIN akan muncul, tekan ‘Enable’ untuk mengaktifkan.
  • Buat PIN yang terdiri dari enam digit angka. Setelahnya masukkan alamat email yang akan diintegrasi dengan akun Whatsapp. Verifikasi dua langkah sudah terpasang.

Pemindaian Sidik Jari

Pemindaian sidik jari bisa menjadi alternatif lain bila ingin menghentikan penyadapan WA. Seperti verifikasi dua langkah, pemindaian sidik jari dapat mencegah agar orang lain tidak bisa masuk melalui akun WA dan menyadap lewat pemindaian kode QR. Berikut cara mengaktifkan pemindaian sidik jari:

  • Klik titik tiga pada pojok kanan atas aplikasi Whatsapp.
  • Pilih menu ‘Privasi’ lalu klik ‘Kunci Sidik Jari’.
  • Aktifkan menu tersebut lalu rekam sidik jari. Selanjutnya, pemindaian dengan sidik jari sudah bisa dilakukan.

Logout dari Whatsapp Web

Penyadapan WA juga bisa dilakukan melalui Whatsapp web dengan melihat perangkat yang terhubung. Bila ingin menghindari penyadapan, maka perlu melakukan logout dari WA web. Caranya yaitu dengan klik tanda titik tiga di pojok kanan atas Whatsapp Web lalu klik Whatsapp Web. Setelah muncul daftar perangkat yang login dengan akun Anda, lakukan logout dari semua perangkat.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak ada cara menghentikan sadap WA *21* karena kode tersebut hanya digunakan untuk mencegah pengalihan panggilan. Namun, Anda bisa menerapkan cara-cara di atas bila WA disadap.

Check Also

Fitur Andalan Canva Mod APK

Download Canva Mod APK Premium GRATIS

Di balik dari Canva Mod APK yang terkenal sebagai pembuat logo, ternyata juga mempunyai segudang …