Review Printer Multifungsi Canon MP237 Untuk Target Pasar Low End

Produk-produk dari Canon memang jarang mengecewakan penggunanya. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Canon MP237 yang telah dirilis sejak tahun 2012 lalu. Produk ini masih menjadi incaran beberapa orang, lho.

Apakah Anda salah satu yang ingin memiliki printer Canon satu ini? Jika iya, yuk kita simak sama-sama review produk ini. Kami akan membahas kelebihan dan kekurangan printer Canon seri MP237 dalam ulasan kali ini.

Apa Saja Kelebihan Printer Canon MP237?

Canon MP237

Ketika ingin membeli produk, konsumen biasanya akan fokus terlebih dahulu ke sisi kelebihan yang cenderung menguntungkan pengguna. Dari kelebihan ini, Anda juga bisa tahu apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan budget yang harus dikeluarkan. Yuk, simak apa saja kelebihan Canon MP237 ini!

Harga Super Terjangkau

Banyak printer terbaru yang rilis di pasaran dengan harga jutaan, bahkan ada yang menyentuh angka Rp10 juta. Anda yang memiliki budget terbatas tentu ngeri-ngeri sedap melihat list harga printer terbaru kan?

Nah, jika berurusan dengan Canon Seri MP237 ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan budget. Alasannya, printer legendaris dari Canon ini memiliki banderol harga kurang dari Rp1 juta. 

Budget ini tentunya sangat cocok untuk Anda yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa kan?

Multifungsi

Keunggulan kedua dari produk ini adalah fungsinya yang tidak hanya untuk proses cetak. Lebih dari itu, printer Canon satu ini bisa Anda gunakan untuk fotokopi dan scan.

Lengkap kan? Padahal harganya sangat terjangkau, namun Canon berani menyelipkan 3 fungsi dalam printer ini.

Nah, dengan memiliki produk ini berarti Anda bisa menghemat budget karena tidak perlu membeli produk lain untuk kebutuhan copy dan scan

Resolusinya Cukup Tinggi

Kelebihan lain dari Canon seri MP237 adalah resolusi yang ditawarkan. Printer ini mengusung resolusi maksimal 4800 x 1200 dpi yang menjadi standar mayoritas produk dari Canon. Dengan angka ini, maka hasil cetak sudah ada di level yang cukup baik.

Bagaimana dengan fitur scanner yang dimilikinya?

Untuk proses pindai, Canon MP237 menawarkan resolusi optik mencapai 600 x 1200 dpi. Selain itu, alat ini menggunakan metode Contact Image Sensor (CIS) untuk sensor pindainya. Tipe scannernya juga berupa alas datar.

Hemat Listrik

Ketika Anda membeli barang elektronik baru, konsumsi listrik selalu menjadi concern utama. Banyak pengguna yang mengeluhkan tagihan membengkak setelah penambahan barang elektronik di rumah.

Namun Anda tidak perlu khawatir, meski menggunakan printer ini di rumah, tagihan listrik akan tetap aman. Kemungkinan besar tidak akan terjadi lonjakan yang terlalu signifikan. 

Ini karena daya listrik yang dibutuhkan saat printer ini beroperasi ada di angka sekitar 10 watt saja. Untuk mode siaga, dayanya juga cukup rendah yakni sekitar 0.6 watt.

Kualitas Cetakan Sangat Baik

Printer Canon Pixma MP237 ini menawarkan hasil cetak yang tidak perlu Anda ragukan. Selain terkait dengan resolusi yang sudah kami bahas sebelumnya, ternyata hasil cetak printer ini juga terpengaruh oleh teknologi yang digunakan.

Sesuai spesifikasinya, Pixma MP237 menggunakan teknologi cartridge hybrid yang bekerja dengan memadukan 2 jenis tinta. Kombinasi inilah yang membuat kualitas printing dari produk ini lebih detail dan punya resistivitas tinggi.

Bagaimana Dengan Kekurangan Canon MP237?

Canon MP237

Printer dari Canon ini memang menawarkan berbagai kelebihan yang sayang untuk Anda lewatkan. Namun, tidak luput dari kekurangan, ada beberapa poin yang mungkin perlu Anda perhatikan seperti:

Fitur Konektivitas Terbatas

Berbicara konektivitas di era digital tentunya Anda akan langsung mengingat wifi bukan?

Sayangnya, produk entry level dari Canon ini masih belum didukung konektivitas wifi. Sejauh ini, tipe MP237 masih menggunakan perangkat port USB 2.0 yang artinya Anda perlu bantuan kabel data untuk menyambungkan unit printer ke komputer.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena speed koneksi USB printer ini cukup tinggi dan bisa Anda optimalkan untuk meningkatkan kinerja produk.

Speed Cetak Terbilang Rendah

Pada dasarnya, printer ini memiliki kecepatan cetak mencapai 7 halaman per menit untuk cetak black and white. Sementara itu, print warna memiliki kecepatan cetak mencapai 4,8 halaman per menitnya. Kemudian, speed cetak untuk foto borderless ukuran 4 x 6 bisa memakan waktu sekitar 43 detik.

Sayangnya, angka-angka tadi terbilang rendah jika Anda bandingkan dengan printer lain di kelasnya.

Kapasitas Kertas dan Tinta Terbatas

Printer murah andalan Canon ini mungkin Anda rasa terlalu minim fitur. Salah satunya adalah kapasitas kertas pada tray untuk beroperasi. Angka maksimalnya ada di kisaran 20 lembar.

Kondisi ini membuat Canon MP237 lebih sesuai untuk kebutuhan personal atau rumahan yang memiliki intensitas tidak terlalu tinggi.

Selain itu, Pixma MP237 juga masih menggunakan teknologi cartridge yang lama sehingga kapasitas tintanya cepat habis. Namun, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan modifikasi sistemnya dengan infus eksternal atau lihat cara mengatasi warna tinta printer tidak sempurna.

Cartridge Rentan Rusak

Pada dasarnya, printer murah andalan Canon ini dikenal awet meski Anda gunakan setiap hari. Asalkan Anda rajin merawatnya dengan benar. Atau Anda bisa melakukan reset printer Canon MP237 ini jika terjadi kemacetn.

Namun, terlepas dari perawatan ini, komponen cartridge pada printer ini rentan rusak jika Anda pakai terus menerus. Untuk mengganti cartridge baru, Anda juga perlu menyiapkan dana sekitar Rp200 ribuan. 

Dari ulasan di atas, apakah printer Canon MP237 ini layak untuk Anda beli? Semoga informasi ini bisa membantu Anda membuat keputusan yang tepat ya!

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …