Epson LX 310, Printer Dot Matrix Pilihan Terbaik

Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita sebagai alat cetak. Di era sekarang memang semakin banyak produk yang meninggalkan jenis printer ini. Namun, jika Anda memang membutuhkan printer dot matrix, maka Epson LX 310 bisa jadi pilihan.

Dalam ulasan ini, kami akan membahas mengenai beberapa keunggulan dan kekurangan Epson LX 310. Tujuannya agar Anda memiliki dasar yang kuat untuk membeli ataupun beralih dari produk ini.

Keunggulan dan Kelebihan Epson LX 310 Dibandingkan Kompetitor

Epson LX 310

Jika berbicara tentang sistem kerja, Epson LX 310 tidak beda jauh dengan pesaingnya. Namun, ada beberapa poin yang menjadi kelebihan printer satu ini. Apa saja kelebihannya?

Lebih Cepat Dari Pendahulu dan Pesaingnya

Hal pertama yang menjadi perhatian saat mengulas produk ini adalah speed-nya. Dot matrix Epson satu ini diklaim punya speed yang cukup tinggi, lho

Alasannya LX 310 memiliki memori input data buffer up hingga 128 kb. Angka ini dua kali lebih besar dibandingkan seri Epson sebelumnya.

Kondisi ini membuat printer Lx 310 punya 9 pin. Selain itu, produk ini juga bisa mencetak dengan speed tertinggi mencapai 347 hingga 390 karakter per detik. Jika Anda bandingkan, kecepatan ini mengalami peningkatan sekitar 40% dari pesaing dan pendahulunya.

Printer Hemat

Salah satu alasan orang memilih printer dot matrix adalah keunggulannya dalam segi penggunaan daya. Jika Anda menggunakan printer ini, maka biaya operasional yang perlu dikeluarkan tidak sebesar printer lain, khususnya untuk jenis inkjet dan laserjet.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membeli tinta yang budgetnya lumayan memberatkan operasional. Keunggulan ini membuat Epson LX 310 menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang mengedepankan low ost dalam operasional.

Tidak Ada Resiko Kotor Karena Tinta Tumpah

Salah satu masalah yang sering Anda hadapi ketika menggunakan printer berbasis tinta adalah resiko tercecer dan bocor. Namun masalah ini tidak akan Anda temui jika menggunakan printer LX 310.

Anda juga tidak perlu repot melihat kondisi tinta karena takut kehabisan dan printer mengalami kerusakan.

Bisa Cetak Rangkap

Kelebihan lain dari printer LX 310 adalah kemampuannya untuk mencetak rangkap sekaligus. Hal ini membuat kinerja printer lebih cepat dan produktivitasnya lebih baik dari printer lain.

Anda yang mengedepankan produktivitas tinggi dan biaya rendah sangat disarankan untuk memilih produk ini. Asal Anda tidak masalah dengan sistem kerjanya yang masih menggunakan pita.

Perawatan Mudah dan Awet

Produk-produk dengan sistem lama seperti printer LX 310 ini memiliki perawatan yang mudah. Bahkan biaya perbaikannya juga terbilang murah dan probabilitas produk mengalami kerusakan juga cukup rendah.

Alasannya karena produk ini tidak masalah meski Anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama. Kondisi ini jelas berbeda dengan printer inkjet atau laserjet yang lebih rentan rusak jika lama tidak dipakai.

Harga Terjangkau

Printer ini dibanderol dengan harga antara Rp2.250.000 hingga Rp4.020.000 tergantung di mana Anda membelinya. Anda mungkin bisa mendapat harga lebih murah untuk pembelian di marketplace di hari-hari tertentu. Harga ini terbilang tidak terlalu mahal, apalagi dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh Epson.

Pengoperasian Mudah

Printer LX 310 terbilang mudah untuk Anda operasikan, bahkan untuk pemula. Alasannya, printer ini memiliki driver yang bisa memudahkan pengguna.

Selain itu, LX 310 juga memiliki 4 tombol pengaturan dan 5 LED untuk setiap jenis pengoperasian. Ini membuat Anda lebih mudah dan nyaman saat menggunakannya.

Eco-Friendly

Produk-produk ramah lingkungan kembali naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Kabar baiknya, printer Epson satu ini juga termasuk dalam kategori produk ramah lingkungan.

Bagaimana tidak, printer LX 310 menghasilkan panas sangat kecil. Angkanya ada di kisaran 5 hingga 35 derajat Celcius. Sementara itu, kelembabannya juga hanya 10 hingga 80% saat printer Anda  operasikan. Terakhir, daya yang diperlukan untuk mengoperasikan printer ini juga rendah. Lengkap banget kan?

Baca Juga:

Pahami Kekurangan Epson LX 310 Ini Sebelum Anda Membelinya

Kelebihan dan kekurangan Epson LX 310

Terlepas dari berbagai keunggulannya yang menggoda, Anda juga perlu memperhatikan kekurangan produk ini. Secara umum, berikut adalah kekurangan dari Epson LX 310:

Suara Berisik

Apakah Anda suka terganggu dengan suara berisik saat menggunakan suatu alat atau mesin? Jika iya, maka ada satu masalah yang bisa jadi concern yakni suara yang dihasilkan oleh printer LX 310. Munculnya suara berisik ketika printer ini digunakan sudah menjadi ciri khas LX 310.

Control Code Sama

Kekurangan lain dari produk ini adalah control code yang sama yakni berupa ESC/P. Dengan kondisi ini, maka printer LX 310 tidak terlalu baik untuk mencetak gambar. Selain itu, jenis printer ini juga tidak memiliki fitur scalable font.

Dari ulasan di atas, apakah menurut Anda printer Epson LX 310 ini layak untuk dibeli? Jika Anda mengombinasikan harga, spesifikasi, dan keunggulannya maka produk ini lumayan worth it. Namun kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini ya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda!

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …