Cara Transfer BCA ke GoPay untuk Customer & Driver Gojek

Cara transfer BCA ke Gopay merupakan alternatif mengisi saldo yang paling populer. Selain praktis dan fleksibel, biaya admin yang ditawarkan relatif murah. Namun, masih banyak pemula yang belum tahu metode transfer tersebut.

Top up Gopay akun customer maupun driver  Gojek dari rekening BCA dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan, seperti ATM, internet banking, M-Banking, atau SIM toolkit. Untuk lebih jelaskan simak panduan lengkap berikut ini.

Cara Transfer BCA ke Gopay Terbaru 2023

Berikut ini beberapa cara top up Gopay dari BCA yang praktis dan cepat.

1. Top up Gopay melalui ATM BCA

Langkah-langkah top up Gopay dari ATM BCA:

  • Setelah memasukkan kartu debit dan PIN ATM, pilih bahasa Indonesia.
  • Tampilan menu akan muncul pada layar, pilih “Transfer
  • Selanjutnya, pilih “BCA Virtual Account

Selanjutnya, pilih BCA Virtual Account

  • Masukkan kode VA yang diikuti nomor ponsel Gopay yang dituju
  • Masukan nominal top up, kemudian ikuti instruksi sampai proses transaksi selesai

2. Top up Gopay melalui BCA Mobile

Berikut panduan lengkap cara transfer BCA ke Gopay customer atau driver dari BCA Mobile:

  • Buka aplikasi BCA Mobile yang sudah terpasang pada perangkat telepon seluler
  • Masuk menggunakan user ID dan password terdaftar
  • Setelah halaman utama BCA Mobile terbuka, pilih menu “m-BCA
  • Pengguna harus memasukkan kode akses rekening yang terdiri dari 6 digit angka
  • Temukan menu “m-Transfer” dan pilih opsi “Transfer BCA Virtual Account

Temukan menu m-Transfer dan pilih opsi Transfer BCA Virtual Account

  • Masukkan nomor VA dan nomor Gopay tujuan, kemudian ketik nominal top up yang diinginkan
  • Masukkan PIN transaksi BCA Mobile
  • Top up saldo Gopay telah diproses

3. Top up Gopay melalui KlikBCA

Berikut panduan lengkap cara transfer BCA ke Gopay driver dan custumer melalui KlikBCA.

  • Buka laman klikbaca.com, kemusian login ke akun BCA terdaftar
  • Di halaman utama, pilih “Fund Transfer
  • Klik menu “Transfer to BCA Virtual Account

Klik menu Transfer to BCA Virtual Account

  • Masukkan kode VA dan nomer Gopay yang dituju
  • Masukkan jumlah saldo yang akan ditransfer
  • Top up Gopay telah diproses, tunggu notifikasi transaksi berhasil

Penyelesaian Masalah yang Muncul dalam Proses Top Up Gopay dari BCA

Beberapa masalah yang mungkin muncul selama proses top up Gopay dari BCA, antara lain:

1. Saldo tidak bertambah

Saldo tidak bertambah

Jika saldo Gopay tidak bertambah, periksa riwayat transfer rekening BCA. Apabila transaksi tidak terekam, mungkin terjadi masalah dengan prosesnya.

Pengguna juga perlu memeriksa rekening BCA, memastikan jumlah saldo mencukupi untuk transfer ke Gopay. Jika dana bank kurang dari jumlah nominal top up, transaksi akan gagal.

Cek pemberitahuan Gojek, apakah ada informasi pembaruan aplikasi? Jika ada, segera update agar kinerja sistem kembali optimal.

2. Transaksi gagal

Transaksi gagal

Beberapa faktor paling umum yang menyebabkan transfer BCA ke Gopay gagal, diantaranya gangguan jaringan internet, melebihi batas limit transaksi harian atau bulanan, serta gangguan sistem e-wallet dan perbankan.

Baik Wi-Fi maupun paket data seluler yang lemah dapat menyebabkan gangguan saat transaksi. Jadi, pastikan jaringan internet stabil selama proses top up ke akun Gopay.

Jika transfer dari BCA ke Gopay masih gagal berkali-kali, coba lagi beberapa saat. Biasanya, sistem bank atau e-wallet mengalami gangguan. Tunggu sampai pihak terkait melakukan perbaikan.

Periksa batasan top up harian atau bulanan yang diberlakukan Gojek. Jika sudah melebihi limit, transfer pasti gagal. Pengguna dapat melakukan transaksi kembali setelah pembaruan limit otomatis.

Perhatikan notifikasi, biasanya dijelaskan alasan transaksi gagal. Pihak BCA akan mengirim pesan melalui e-mail atau sms untuk memberitahu kendala yang dialami nasabah.

3. Kesalahan input

Kesalahan input

Kesalahan input data saat top up Gopay kerap kali dilakukan oleh nasabah BCA. Ini bisa sangat merugikan, apalagi kelebihan mengirim jumlah saldo ke akun orang lain. Apabila transaksi berhasil, pengajuan pembatalan transfer akan sulit.

Begitu pula ketika salah memasukkan nomor tujuan Gopay. Jika saldo masuk ke akun yang tidak dikenal, pengirim susah mendapatkan uangnya kembali.

Sebelum melanjutkan transaksi, sebaiknya periksa nama, nomor tujuan, dan nominal top up untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.

4. Kode OTP

Kode OTP

Fungsi kode OTP untuk memastikan transaksi dilakukan oleh nasabah BCA yang sah, serta memberikan perlindungan dari upaya penipuan.

Biasanya, pengguna yang menggunakan BCA OneKlick untuk top up Gopay akan mendapat kode OTP. Ini merupakan salah satu bagian dari prosedur transfer.

Perlu diketahui bahwa kode OTP tersebut bersifat sementara dan berlaku untuk sekali transaksi. Apabila gagal melakukan transfer dana ke Gopay, mungkin salah satu masalahnya adalah salah mengetik angka OTP, atau memasukkan kode yang sudah kadaluarsa.

5. Rekening BCA bermasalah

Rekening BCA bermasalah

Top up Gopay gagal bisa disebabkan oleh masalah pada rekening BCA, seperti pemblokiran karena alasan tertentu. Rekening yang terblokir oleh sistem dibatasi dalam melakukan transaksi, termasuk transfer dana.

Jika menggunakan cara transfer dari ATM BCA ke Gopay, pastikan kartu debit masih dalam keadaan aktif belum melewati tanggal kadaluarsa. Kesalahan teknis bisa disebabkan oleh pengguna yang kurang berhati-hati dalam menggunakan perbankan atau e-wallet.

Untuk dapat menggunakan rekening BCA kembali, nasabah harus mengurus mengaktifkan di kantor cabang terdekat. Apabila waktu tidak memungkinkan hubungi Halo BCA, tetapi harus memiliki pulsa yang mencukupi untuk melakukan panggilan telepon.

Pertanyaan Umum Mengenai Top Up Gopay dari BCA

Pertanyaan Umum Mengenai Top Up Gopay dari BCA

Q: Berapa kode VA Gopay BCA?
A: Kode VA untuk transaksi dari BCA ke Gopay menggunakan nomor perusahaan, yaitu 70001 dan diikuti oleh nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar akun Gojek.

Q: Berapa biaya admin transfer BCA ke Gopay?
A: Menurut sumber yang didapat dari website Gojek, kebijakan yang berlaku saat ini, transfer Gopay melalui ATM, BCA Mobile, atau KlikBCA dikenai biaya admin Rp1.000.

Q: Berapa minimal transfer BCA ke Gopay?
A: Minimal transfer Gopay dari ATM BCA Rp5.000. Sedangkan melalui BCA Mobile, KlikBCA, atau SMS Banking Rp10.000.

Q: Berapa maksimal top up Gopay dari BCA?
A: Akun yang belum upgrade ke Gopay Plus dapat menerima saldo dari BCA hingga Rp2.000.000 per hari. Sedangkan akun Gopay Plus dapat menerima saldo hingga Rp20.000.000 per hari. Perlu diingat bahwa batas maksimal tersebut bersifat kumulatif.

Q: Berapa lama saldo dari BCA masuk ke Gopay?
A: Saldo masuk ke akun Gopay hanya dalam hitungan detik. Namun, terkadang proses transfer membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Pengguna harus bersedia menunggu hingga 2 × 24 jam di hari kerja.

Kesimpulan

Proses top up saldo Gopay untuk akun customer dan driver cukup sederhana. Menggunakan layanan digital seperti ini semakin memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Saat menerapkan cara transfer BCA ke Gopay, penting untuk tidak mengungkap data pribadi atau PIN kepada siapa pun. Hati-hati penipuan yang mengaku dari lembaga keuangan resmi. Pastikan perangkat aman dari ancaman siber.

Check Also

Cara Bayar Shopee Pakai Gopay

Cara Bayar Shopee Pakai Gopay Beserta Ketentuannya

Pasti hanya ada sedikit orang yang mengetahui cara bayar Shopee pakai Gopay. Proses pembayarannya cukup …