Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat dan Kontak

Sebelum mengganti HP baru, setiap orang harus mengerti dan memahami mengenai cara memindahkan WA ke HP baru. Hal ini karena jika asal memindahkan, bisa saja semua chat dan kontak yang ada di HP lama hilang dan tidak bisa diakses di HP baru.

Padahal, di aplikasi komunikasi yang satu ini pasti menyimpan banyak file, chat, dan kontak orang-orang penting. Maka, kamu harus memindahkan data dari HP lama ke HP baru sebelum secara total menghapus data di HP lama.

Pastikan kamu menyimak artikel ini sampai akhir karena artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara memindahkan WA ke HP baru tanpa menghilangkan chat. Tujuannya agar semua data milikmu di aplikasi ini bisa terselamatkan.

Cara Memindahkan WA ke HP Baru

Cara Memindahkan WA ke HP Baru

Untuk memastikan semua chat dan kontak yang ada di HP lama bisa dipindahkan ke HP baru, beberapa langkah dibawah ini harus dilakukan.

1. Melakukan Backup

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan backup data dari HP lama. Langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp di handphone lama.
  • Selanjutnya klik icon titik tiga yang ada di layar utama WhatsApp.
  • Klik “Settings” dan klik “Chats”.
  • Klik menu “Chat Backup”.
  • Kemudian isikan akun Gmail atau Google Drive yang akan digunakan sebagai tempat untuk mencadangkan chat dan kontak.
  • Klik “Back Up” dan tunggu beberapa saat hingga proses backup selesai.
  • Pastikan akun Gmail atau Google Drive yang digunakan untuk membackup semua data juga digunakan saat masuk ke WhatsApp di handphone baru.

Cara Mengunci WA

2. Melakukan Restore Data di Handphone Baru

Langkah kedua yang harus dilakukan dalam cara memindahkan WhatsApp ke HP baru Android adalah melakukan restore data di handphone baru. Langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp di handphone baru.
  • Setelah muncul halaman awal, klik “Agree” dan klik “Continue”.
  • Kemudian masukkan nomor handphone milikmu dan klik “Ok”.
  • Kemudian WhatsApp akan mengirimkan kode OTP berisikan 6 digit angka melalui SMS di nomor handphone yang dimasukkan sebagai proses verifikasi.
  • Selanjutnya masukkan 6 digit angka kode OTP tersebut di kolom yang tersedia.
  • Tunggu beberapa saat sampai WhatsApp selesai melakukan verifikasi.
  • Kemudian, secara otomatis WhatsApp akan mengidentifikasi bahwa akun milikmu memiliki backup data. Maka secara otomatis akan muncul pop up yang mengarahkan untuk “Restore Chat” dari Gmail atau Google Drive.
  • Klik “Continue”.
  • Kemudian akan muncul informasi lengkap mengenai memori yang dibutuhkan dan kapasitas data untuk memindahkan semua data di handphone baru.
  • Kemudian klik “Restore” dan tunggu selama beberapa saat hingga proses pemulihan chat dan kontak selesai.
  • Setelah selesai maka WhatsApp di handphone baru akan memiliki chat dan kontak yang sama dengan WhatsApp lama.

Cara Sound of Text WA Bahasa Indonesia

Manfaat Melakukan Backup Data

backup chat whatsapp

Setelah membahas mengenai cara memindahkan WhatsApp ke HP baru, sepanjang pembahasan tidak terlepas dari proses backup data. Kemudian apa manfaat backup data aplikasi WhatsApp bagi penggunanya? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Mempercepat Proses Restore Data

Manfaat yang pertama adalah mempercepat proses restore data. Jika proses backup sudah dilakukan sebelum ingin berganti handphone maka pengguna tinggal melakukan install WhatsApp di handphone baru dan melakukan pemulihan chat dan kontak.

Sehingga bisa lebih menghemat waktu dan mempercepat proses restore data dibandingkan jika belum melakukan backup. Secara default, aplikasi WhatsApp akan melakukan pencadangan data secara otomatis di penyimpanan internal setiap harinya pada pukul 02.00 WIB dini hari.

Cara Membuat Link WA

2. Mencegah Resiko Kehilangan Data

Manfaat yang kedua adalah untuk mencegah resiko kehilangan data. Dengan melakukan backup secara otomatis atau berkala, akan meminimalisir atau mencegah resiko kamu kehilangan data penting di aplikasi WhatsApp.

Kejadian seperti chat terhapus karena beberapa alasan bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Jika sudah melakukan proses backup sebelumnya, maka tidak perlu bingung atau khawatir ketika sudah melakukan backup data karena semuanya bisa dengan mudah dikembalikan.

Sekarang kamu mengetahui mengenai pentingnya melakukan backup data ketika akan melakukan cara memindahkan WA ke HP baru. Proses backup menjadi poin penting jika kamu tidak ingin kehilangan data chat, media, dan kontak yang ada di WhatsApp.

Check Also

Cara Nonton TV Online Indosiar GRATIS

Nonton Live Streaming Indosiar GRATIS

Printerius.com – Live streaming Indosiar bisa dinikmati secara gratis dan lebih memungkinkan untuk pecinta tayangan …