5 Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula yang Paling Efektif

Melihat jumlah pengguna TikTok yang terus bertambah hari demi hari, membuat media sosial ini pas dijadikan tujuan market produk yang ingin dijual. Apalagi hadirnya TikTok Shop semakin memudahkan seller untuk bisnis. Kalau belum tahu cara jualan di TikTok tanpa followers, pastikan baca artikel ini.

Kabar baiknya, TikTok tidak menerapkan batas minimal berapa jumlah followers yang harus dimiliki. Baik pengguna baru maupun pengguna lama, pastinya bisa mendaftar dan membuka TikTok Shop asalkan memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan.

Tetapi membuka toko barulah langkah awal, kamu juga harus tahu bagaimana cara menjual produk supaya laris dan ramai diburu oleh pembeli. Simak terus pembahasannya untuk menemukan jawabannya!

Cara Buka Akun Jualan di TikTok Shop

Jualan di TikTok Shop

Untuk bisa menjual produk, sudah pasti dibutuhkan akun jualan terlebih dulu. TikTok sangat ramah dengan para pengguna yang ingin membuka bisnis, sehingga persyaratan untuk mendaftar pun dipermudah.

Secara umum, syarat membuka akun TikTok Shop di antaranya adalah berusia minimal 18 tahun, mempunyai akun TikTok yang diatur menjadi publik, mendaftar program TikTok Shop Seller dan mempunyai produk yang ingin dijual.

Membuat Akun di TikTok Shop

Membuat Akun di TikTok Shop

Ada beberapa langkah yang perlu dilalui sampai bisa berhasil menjual produk pertama. Setelah mengetahui syarat-syarat umumnya, langkah berikutnya adalah membuat akun, menambahkan produk dan mempromosikannya. Supaya jelas, berikut telah diuraikan langkah-langkahnya secara lengkap:

1. Daftar Akun TikTok Shop Seller

Dengan mempunyai akun TikTok Shop, lebih mudah untuk mengatur berapa total penjualan, karakteristik pembeli hingga keuntungan yang didapatkan. Jelas penting membuat akun ini supaya bisa mulai berjualan. Ikuti urutan pendaftarannya sebagai berikut:

  • Kunjungi laman Daftar TikTok Shop Seller Center.
  • Klik Sign Up untuk mendaftar menggunakan akun TikTok, nomor telepon atau email.
  • Ikuti panduan yang disampaikan di layar sampai selesai.
  • Berikutnya, isi formulir pengajuan TikTok Shop dengan data-data yang benar, mencakup nomor telepon, email, alamat toko, dan lain sebagainya.
  • Tentukan produk-produk yang ingin dijual di toko.
  • Lengkapi informasi produk, seperti nama, jenis, deskripsi, hingga varian produk.
  • Isi pula bagian registrasi bisnis supaya TikTok dapat memverifikasi akun.
  • Kirim pengajuan dan tunggu sampai ada balasan dari TikTok.
  • Apabila diterima, TikTok akan meminta untuk menambahkan rekening bank.
  • Akun pun siap digunakan berjualan. Selesai.

2. Menentukan Produk yang Ingin Dijual

Ketika diminta TikTok untuk menambahkan produk, kamu perlu mengetahui dulu niche apa yang ingin menjadi fokus utama. Mempunyai niche yang jelas akan memudahkan dalam memilih produk, serta membangun citra brand yang relevan.

Tidak disarankan menjual produk dari berbagai kategori dalam satu toko, karena bisa membuat kewalahan. Produk yang dijual juga hendaknya disesuaikan dengan permintaan pasar. Cara jualan di TikTok Shop biar laris ini perlu dipahami dengan baik.

Sebaiknya tanyakan beberapa hal kepada diri sendiri sebelum menambahkan produk ke etalase toko. Inilah kumpulan pertanyaan yang dapat membantu menentukan apakah produk pantas dijual atau tidak:

  • Apakah target sudah mengenal produk yang mau dijual?
  • Apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi target?
  • Seberapa penting kegunaan dari produk tersebut?
  • Apakah target berpengalaman menggunakan produk tersebut?
  • Apakah produk ini memungkinkan mendapat penilaian bagus?

3. Promosikan Produk dengan Giat

Sekarang sudah mempunyai toko dan produknya sudah lengkap di etalase. Langkah selanjutnya adalah menjual produk tersebut.

Caranya yaitu dengan mempromosikannya dengan giat. Ada berbagai cara untuk mengenalkan produk ke target, seperti melalui program affiliate, partnership, live streaming, TikTok Ads, hingga konten kreatif.

Promosi merupakan tahap yang paling penting. Karena dengan ini, produk bisa dikenal dan target bisa terdorong untuk membelinya.

Tips Jualan di TikTok Seller Biar Cepat Laku dalam 2 Minggu

Jualan di TikTok Seller

Seperti yang sempat disinggung sekilas, bahwa bagian terpenting dalam cara jualan di TikTok gratis ongkir dan cepat laris adalah menekankan pada strategi promosi. Terdapat empat macam cara yang bisa diterapkan, di antaranya yaitu:

1. Membuat Konten Kreatif

TikTok shop terkesan tidak aktif kalau tidak diisi dengan konten. Buatkan video singkat dengan durasi 15-60 detik yang isinya bisa berupa review produk atau ajakan menggunakan produk. Cara ini masih menjadi salah satu cara efektif dalam menjual produk.

Supaya konten berpotensi masuk FYP dan dikenal lebih luas, ada beberapa tips yang dapat diterapkan, seperti menggunakan musik yang sedang trending, caption singkat tetapi menarik, serta hashtag yang relevan.

Ketika mengunggah konten, pastinya akan ada penonton yang memberikan komentar. Jangan lupa untuk menanggapi komentar-komentar tersebut agar citra toko baik di mata calon pembeli.

2. Mengoptimalkan TikTok Ads

TikTok telah menyediakan fitur TikTok Ads yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pemasaran produk. Fungsinya pun sama seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, di mana fungsinya digunakan untuk menganalisis kinerja toko.

Melalui tools-tools yang tersedia, fitur ini dapat memberikan hasil analisis yang mendalam, termasuk demografi pembeli, estimasi keuntungan dan masih banyak lagi. Hasil analisis ini dapat digunakan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Akan tetapi TikTok Ads sifatnya berbayar. Pastikan tidak di luar anggaran jika ingin memanfaatkan fitur ini, namun dampak dari melakukan TikTok Ads dijamin mendorong pertumbuhan toko.

3. Membahas Produk melalui Live Streaming

Jika berpikir cara jualan di TikTok Seller bagaimana yang interaktif, sudah pasti jawabannya adalah melalui live streaming. Fitur siaran langsung ini memungkinkan penjual untuk berinteraksi dengan calon pembeli, meski bukan secara tatap muka.

Di dalam live, cobalah mengenalkan produk-produk andalan dan sampaikan pula kelebihan dari masing-masing produk. Biar tidak terkesan kaku, live bisa diisi dengan musik yang menghibur.

Berjualan di live memberikan efek urgensi kepada para penonton, sehingga mereka terdorong untuk melakukan pembelian pada saat itu juga. Tak heran kalau banyak orang yang mendapatkan puluhan juta rupiah hanya dalam satu kali streaming saja.

4. Membuka Program TikTok Affiliator

Program TikTok Affiliate sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan pengguna. Melalui program ini, toko-toko baru dapat mengajak pengguna untuk membantu mempromosikan produk dan diberikan komisi sebagai balasan.

Ketika daftar Tiktok affiliate, ada baiknya mereka mempunyai target pasar yang sama dan produk yang relevan. Di sisi lain, penjual juga tidak rugi, karena hanya memberikan komisi setiap kali produk terjual. Asyiknya lagi, program ini terbuka untuk seluruh pengguna.

5. Mengadakan Partnership dengan Kreator

Cara ini mengajak penjual untuk berkolaborasi dengan kreator. Pilih kreator yang cukup terkenal jika memiliki anggaran yang cukup. Jika tidak, memilih kreator yang masih mikro pun tidak kalah efektif, justru target pasar mereka lebih spesifik.

Minta kreator untuk membuat ulasan atas produk yang dijual dengan cara yang kreatif. Penonton dari kreator tersebut bisa tertarik untuk membeli, karena sudah percaya dengan kreator terkait. Namun, biayanya bisa cukup besar, tergantung dari kesepakatan bersama.

Panduan cara jualan di TikTok Shop biar laris ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong perkembangan bisnis baru yang followersnya masih sedikit. Siapa saja bisa menjadi penjual sukses di TikTok asalkan konsisten.

Check Also

Cara Bayar Shopee Pakai Gopay

Cara Bayar Shopee Pakai Gopay Beserta Ketentuannya

Pasti hanya ada sedikit orang yang mengetahui cara bayar Shopee pakai Gopay. Proses pembayarannya cukup …