Review Printer Canon G1010, Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Produk printer memiliki target pasar yang beragam, mulai dari komersial, kantor, hingga pelajar dan mahasiswa. Masing-masing pasar tentu punya kebutuhan berbeda. Contohnya pasar pelajar dan mahasiswa yang butuh printer murah dengan kualitas memadai seperti Canon G1010.

Printer Canon dari G-Series ini punya nama lengkap Canon Pixma G1010 dan menjadi penerus dari G1000. Produk ini menjadi salah satu printer terbaik dari Canon yang menawarkan harga terjangkau bagi semua kalangan. Yuk pahami kelebihan dan kekurangan printer ini sebelum Anda membelinya.

Kelebihan Canon G1010 Dari Segi Harga Hingga Fitur

Canon G1010

Produk yang digadang-gadang sebagai pesaing dekat Epson L310 ini ternyata punya segudang kelebihan yang sangat layak Anda pertimbangkan. Tidak percaya? Cek daftar kelebihannya di bawah ini:

Harga Terjangkau

Canon G1010 termasuk dalam rekomendasi printer murah dengan harga di bawah Rp1.5 juta. Banderol harga ini membuat printer G1010 laris manis di pasaran, khususnya untuk penggunaan harian yang ringan.

Dengan harga semurah itu, Anda sudah mendapat set printer, kartu garansi, kabel data, dan juga satu paket tinta lengkap. Printer ini memiliki 4 tangki tinta yang terdiri dari warna hitam, cyan, magenta, dan kuning. 

Dalam set pembelian, Anda akan mendapat botol tinta hitam ukuran 135 ml dan 3 warna lain dalam ukuran 70 ml.

Desain Compact Dengan Indikator Level Tinta yang Terlihat Dari Luar

Sesuai dengan harganya yang ringan, printer ini juga memiliki desain minimalis. Bodynya didesain ramping dan rapi sehingga Anda bisa meletakkannya di berbagai area yang sempit. Berat total dari printer ini sekitar 4,8 kg.

Sistem tangki tintanya juga sudah terintegrasi dengan bagian body printer sehingga tidak mengganggu pandangan. Lalu, kelebihan lainnya adalah Anda bisa melihat indikator level tinta dari luar. Jadi, pemantauan untuk mengisi ulang tinta tidak akan merepotkan Anda.

Kinerja Cetak Sangat Baik

Harga printer Canon G1010 boleh murah, tapi Anda tidak perlu meragukan kinerjanya untuk mencetak. Unit printer satu ini andal dalam urusan printing dokumen dan gambar, bahkan untuk cetak foto borderless juga lho.

Bagaimana dengan kecepatan cetaknya?

Tanpa mengurangi rasa hormat dengan produk pesaing, Canon tipe G1010 ini bisa mencetak dokumen A4 hitam putih dengan kecepatan 5 ipm dan 8 ipm untuk dokumen berwarna.

Penggunaan media kertasnya juga cukup beragam sehingga Anda bisa dengan mudah menggunakannya sesuai kebutuhan. Beberapa media kertas yang bisa Anda pakai adalah stiker kertas foto, glossy paper, plain paper, hingga matte paper.

Hemat Pemakaian Tinta

Produk ini dibuat khusus untuk bisa mewujudkan proses cetak dengan volume tinggi dan biaya rendah. Salah satunya adalah gebrakan menggunakan sistem ink tank. Melalui sistem ini, printer bisa mengoptimalkan tinta untuk mencetak di angka tertinggi yang bisa diraih.

Perhitungannya, untuk satu botol tinta hitam ukuran 135 ml kapasitas cetaknya mencapai 7000 halaman. Kemudian, 3 warna lain dengan ukuran 70 ml, masing-masing memiliki kapasitas cetak mencapai 6000 halaman.

Harga per botol tinta Canon juga terbilang murah yakni sekitar Rp95.000 hingga Rp105.000 saja. Disclaimer, kelebihan ini hanya bisa Anda dapat jika menggunakan tinta asli dari Canon ya.

Baca Juga:

Kekurangan Canon G1010

Canon G1010

Terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan Canon melalui produk ini, Anda tetap tidak boleh tutup mata dengan kekurangannya. Siapa tahu, beberapa kekurangan Canon G1010 ini berdampak cukup fatal bagi Anda. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Tidak Bisa Pindai dan Fotokopi

Kelemahan utama dari produk ini adalah fungsinya. Printer G1010 hanya bisa Anda gunakan untuk mencetak dokumen atau gambar saja. Fungsi lain yang mungkin bisa Anda temukan di printer lain dengan spesifikasi lebih tinggi seperti pindai dan copy tidak ada di produk ini.

Namun, keterbatasan pada fungsi ini menurut kami sangat wajar, mengingat harganya juga sangat terjangkau.

Koneksi Masih Pakai Kabel Data

Printer ini masih tergolong konvensional karena belum ada konektivitas wifi ataupun bluetooth. Anda masih memerlukan bantuan kabel data untuk menghubungkan perangkat komputer dan printer

Belum Support Kertas A3

Jika menilik spesifikasi produk sejenis di kelasnya, sudah sangat wajar jika produk ini hanya bisa mendukung proses cetak dengan ukuran paling besar kertas A4. Namun, jika Anda termasuk mahasiswa arsitektur atau desain yang mungkin membutuhkan cetak kertas A3+ sepertinya kekurangan ini cukup mengganggu kan?

Resolusi Tidak Setajam L310

Di awal, kami katakan bahwa G1010 ini adalah pesaing terdekat L310 milik Epson. Namun, dari segi kualitas gambar, resolusi yang dihasilkan oleh G1010 tidak setajam milik Epson.

Ini karena resolusi yang ditawarkan oleh G1010 maksimal hanya 4800 x 1200 dpi saja. 

Nah, dari ulasan tentang Canon G1010 di atas, apakah menurut Anda printer ini worth it untuk dibeli? Pastikan Anda kembali menyesuaikan budget, kebutuhan, dan juga spesifikasi yang ditawarkan oleh produk ini sebelum memutuskan untuk membeli ya!

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …