Printer Epson L3210: Printer All in One yang Punya Banyak Kelebihan

Epson merupakan salah satu brand printer terkemuka di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu tipe printer Epson yang banyak digunakan masyarakat adalah Epson L-series, misalnya seperti Epson L120, L3110, L3210, dan Epson L360. Kali ini, kita akan membahas spesifikasi dari printer Epson L3210.

Seperti apa spesifikasi printer ini dan apa saja kelebihannya? Yuk, kita ulas satu per satu di artikel berikut.

Spesifikasi Printer Epson L3210

Printer Epson L3210

Untuk bahasan spesifikasi, kita akan membahas mengenai penggunaan printer, dimensi, harga, kecepatan cetak, dan konsumsi tinta Epson tipe L3210.

Penggunaan printer

Epson tipe L3210 merupakan tipe printer all in one. Artinya, Anda bisa melakukan tiga kegiatan dengan satu printer: print, copy, dan scan. Dengan tiga fungsi tersebut, printer ini cocok untuk memenuhi kebutuhan cetak di rumah maupun di kantor. 

Dimensi

Mengingat Epson L3210 adalah printer all in one, dimensi printer ini memang cukup besar, yaitu 375 x 347 x 179 mm (panjang x lebar x tinggi berturut-turut). Dimensi ini sama dengan tipe printer L3250. Beratnya pun sama dengan printer tersebut, yaitu 3,9 kg.

Harga

Berapa harga printer Epson tipe L3210? Printer yang dilengkapi dengan tangki tinta EcoTank ini dijual dengan harga berkisar Rp2,0-Rp2,3 jutaan. Harga ini merupakan harga yang dapat ditemukan di beberapa marketplace, jadi harga mungkin saja berbeda dengan harga di toko.

Kecepatan cetak

Kecepatan cetak tentunya berbeda-beda tergantung dengan kualitas cetak yang diharapkan. Dilansir dari brosur produk, kecepatan print Epson tipe L3210 adalah sebagai berikut:

  • Cetak teks dengan kualitas draft, ukuran A4. Kecepatan cetaknya adalah hingga 33.0 ppm (pages per minute) untuk output cetak monokrom, dan hingga 15.0 ppm untuk output cetak berwarna.
  • Cetak gambar dengan kualitas ISO 24734, ukuran A4. Kecepatannya adalah hingga 10 ipm (images per minute) untuk output cetak monokrom, dan hingga 5 ppm untuk output cetak berwarna.
  • Kualitas cetak foto dengan standar default untuk ukuran 10×15 cm adalah 69 detik per foto (dengan border), dan hingga 90 detik per foto (tanpa border).

Lalu, bagaimana dengan kecepatan copy printer ini? Untuk kualitas copy ISO 29183 dengan ukuran kertas A4, kecepatan cetaknya adalah 7,0 ipm untuk output copy monokrom. Untuk output copy berwarna, kecepatan copy adalah hingga 1,7 ipm.

Di sisi lain, kecepatan scanning printer Epson L3210 ini adalah 11 detik untuk output scan monokrom. Untuk output scan berwarna, kecepatan scanning printer ini adalah hingga 32 detik. Kualitas gambar hasil scan adalah 200 dpi.

Konsumsi tinta

Printer Epson tipe L3210 ini menggunakan empat tangki tinta dengan sistem warna CMYK. Jadi, warna tinta yang perlu Anda siapkan meliputi biru, merah, kuning, dan hitam. Tinta ini dapat diisikan langsung ke tangki built-in yang berada di bagian depan kanan bodi printer.

Epson sendiri mengklaim bahwa dengan satu botol tinta full, jumlah halaman yang dicetak adalah 4.500 halaman monokrom. Untuk hasil cetak warna, printer ini mampu menghasilkan 7.500 halaman dengan kondisi tangki tinta warna full.

Kelebihan Printer Epson L3210

Kelebihan Printer Epson L3210

Beberapa kelebihan printer Epson tipe ini adalah sebagai berikut. 

Printer yang hemat tinta

Sebagaimana telah disebutkan, printer ini mampu menghasilkan 4.500 halaman hitam putih dan 7.500 halaman berwarna dengan kondisi tinta full.

Dari sini kita bisa menilai bahwa penggunaan tinta pada printer ini sangat hemat. Meski harga printer ini sendiri cukup mahal, konsumsi tinta yang irit bisa membantu pengguna menekan pengeluarannya.

Ada tangki tinta

Jika Anda kurang suka dengan printer ber-cartridge, membeli printer dengan tangki tinta built-in bisa menjadi keputusan yang tepat. Selain bisa diisi ulang dengan mudah, penggunaan tangki tinta berarti Anda bisa menekan pengeluaran untuk mengganti cartridge.

Sebagaimana diketahui, cartridge dengan print head yang kering sering kali menjadi akar permasalahan printer tidak dapat mencetak. Akibatnya, Anda perlu mengganti cartridge dan inilah yang bisa membuat pengeluaran Anda membengkak jika dilakukan terlalu sering.

Multifungsi 

Kelebihan lain dari printer ini adalah fitur multifungsinya. Anda bisa mencetak, memindai, maupun menggandakan dokumen dengan mengandalkan satu alat saja. Selain praktis, Anda bisa menghemat biaya daripada harus membeli alat pindai dan mesin fotokopi sendiri.

Kecepatan cetak yang cukup memuaskan

Jika Anda membutuhkan printer yang memiliki kecepatan yang baik dalam mencetak dokumen, printer Epson ini bisa jadi solusinya. Dengan mode kualitas cetak draft, Anda bisa memperoleh hasil cetak dokumen teks 15-33 halaman per menitnya. Sangat cepat, bukan?

Tidak hanya cepat mencetak, Epson tipe L3210 juga cepat digunakan untuk memindai maupun menggandakan dokumen.

Kualitas gambar yang tajam

Mengingat printer ini memiliki resolusi cetak maksimal 5760 x 1440 dpi, Anda bisa mengandalkan Epson tipe L3210 untuk mencetak foto, brosur, atau dokumen grafis lainnya. Tak perlu khawatir hasil cetaknya jadi blur!Nah, itulah penjelasan mengenai spesifikasi printer Epson L3210 dan beberapa kelebihannya. Jadi, apakah printer ini printer yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …