6 Cara Menghilangkan Garis di Excel Saat Print Agar Rapi

Photo of author

By Zaki

Aplikasi Microsoft Excel adalah program yang isinya tabel-tabel dengan jumlah sangat banyak. Sayangnya dalam kondisi tertentu, garis tabel ini dinilai mengganggu. Tenang saja, ada cara menghilangkan garis di Excel yang bisa membuat tampilannya jadi bersih.

Apalagi banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya garis pemisah antar tabel itu ternyata bisa dihilangkan. Ini bisa dilakukan ketika ingin membuat halaman Excel yang jauh lebih rapi dan bagus.

Cara Menghilangkan Garis di Excel

Ketika membuka aplikasi Microsoft Excel, secara default ada banyak sekali garis-garis yang jadi batas pemisah dengan tabel lainnya. keberadaan garis itu membuat halaman Excel jadi kotak-kotak dan memudahkan proses input data dalam bentuk angka.

Sebenarnya fungsi dari garis-garis tersebut adalah hanya membantu proses input data. Ketika halaman Excel tersebut dicetak, maka garis-garis tadi akan otomatis hilang. Oleh karena itu ketika mencetak harus diberikan lagi border agar bisa mempertegas pemisah data satu dengan lainnya.

Bagi beberapa orang, sayangnya keberadaan garis itu dinilai cukup mengganggu. Alasannya bisa mengurangi kerapian halaman kerja dan mungkin memang data mengharuskan garis tersebut hilang. Ada beberapa cara menghilangkan garis di Excel yang bisa dilakukan. Berikut beberapa caranya:

1. Menghilangkan Lewat Menu Tab View atau Tab Page Layout

  • Pertama buka dan jalankan halaman kerja Excel.
  • Setelah itu, bisa mulai mengeklik pada menu tab “View”. Bisa juga dengan memilih pada tulisan “Page Layout”.
  • Untuk menghilangkan garis di Excel, bisa menghilangkan simbol centang yang ada di tulisan “Gridlines”. Sementara itu kalau memilih menu “Page Layout”, bisa mencari tulisan “Gridlines” dan hilangkan centang pada bagian “View” .
Untuk menghilangkan garis di Excel, bisa menghilangkan simbol centang yang ada di tulisan Gridlines
  • Proses menghilangkan garis di Excel selesai dan halaman jadi bersih putih tanpa ada garis.

2. Menghilangkan Lewat Excel Options

  • Masuk dulu ke dalam file Excel yang akan dihilangkan garis-garisnya.
  • Berikutnya bisa mengeklik tombol dengan tulisan “File” yang ada di tab sebelah atas.
  • Setelah itu carilah opsi yang tulisannya “Options”. Kalau menggunakan laptop Mac, cari saja tulisan “..”.
  • Kemudian bisa mencari dan memilih pada tulisan “Advanced” yang ada di kotak dialog baru. Sementara kalau di Mac, pada kotak dialog itu pilih “View”.
  • Lalu carilah tulisan “Show Gridlines” dan bisa menghilangkan tanda centang di sampingnya untuk menghapus garis di Excel.
Lalu carilah tulisan Show Gridlines dan bisa menghilangkan
  • Terakhir bisa mengeklik tombol “OK” dan semua garis di Excel sudah hilang.

3. Ganti Warna Background

Ini sebenarnya jadi salah satu trik untuk bisa menghilangkan garis pada kolom yang terpilih di dalam Excel. Dengan cara mengganti background ini maka garis akan disamarkan sesuai warnanya. Berikut caranya:

  • Pertama seleksi pada sel yang ingin dihilangkan garis-garisnya. Kalau mau menghilangkan semua di halaman Excel, bisa langsung menekan “CTRL” + “A”.
  • Kemudian carilah dan klik pada tab “Home”.
  • Setelah itu bisa mencari sebuah simbol gambar wadah cat kecil atau bernama “Fill”. Klik saja pada panah arah bawah tepat di samping simbol tersebut.
Setelah itu bisa mencari sebuah simbol gambar wadah cat kecil atau bernama Fill
  • Berikutnya bisa memilih warna background yang akan ditampilkan pada halaman Excel. Pilih sesuai selera dan pastikan tidak terlalu berlebihan.
  • Proses selesai, garis di Excel sudah hilang. Untuk mengembalikannya seperti semula, bisa mengubah warna background menjadi putih.

4. Menghilangkan Lewat Merge Cells

Ini mungkin jadi cara yang cukup banyak digunakan oleh para pengguna Excel yaitu memanfaatkan Merge Cells. Dengan cara menghilangkan garis di Excel ini, maka sel yang terpilih akan rata dan bersih dari garis-garis. Ini caranya:

  • Pertama bisa mengaktifkan beberapa sel yang ingin dihilangkan garis-garisnya.
  • Setelah aktif, bisa mencari dan klik pada menu tab “Home” serta pilih pada opsi menu “Merger & Center”.
Setelah aktif, bisa mencari dan klik pada menu tab Home serta pilih pada opsi menu Merger Center
  • Kemudian setelah opsi menu Merger & Center sudah diklik, maka garis pada sel yang dipilih tadi akan hilang.

5. Menghilangkan Lewat Tombol Shortcut

Lewat Tombol Shortcut

Cara berikutnya ini cukup menarik dan mudah dilakukan yaitu dengan menekan tombol shortcut. Sayangnya ini hanya bisa dilakukan pada Microsoft Excel yang berbasis OS Windows. Untuk Mac sepertinya belum bisa menggunakan cara ini.

Untuk menghilangkan garis bisa menekan tombol di keyboard “ALT + W + V + G”. Bisa juga dengan menggunakan “ALT + P + V + G”. Sebenarnya ini adalah cara alternatif untuk bisa masuk ke dalam menu Gridlines tadi. Jadi setelah itu bisa menghilangkan tanda centangnya.

6. Menghilangkan Lewat Menu Border

Cara menghilangkan garis yang berikutnya ini lebih dikhususkan kalau di dalam halaman Excel sudah ada garis tambahan, bukan garis bawaan. Berikut caranya:

  • Pertama bisa memilih beberapa sel yang ingin dihapus garisnya.
  • Lalu klik pada tab “Home” dan setelah itu bisa mencari simbol kotak di samping simbol kaleng cat atau “Fill”. Nama simbol ini adalah Border dan klik pada arah panah bawah di sampingnya.
  • Berikutnya bisa pilih opsi “No Border” untuk menghilangkan garisnya.
Berikutnya bisa pilih opsi No Border untuk menghilangkan garisnya.
  • Proses sudah selesai, untuk menambahkan garisnya lagi bisa memilih beberapa pilihan di dalam Border tadi.

Cara menghilangkan garis di Excel memang ada bermacam-macam. Oleh karena itu bisa pilih cara yang cocok dengan kebutuhan. Misalnya ingin menghilangkan garis tambahan (bukan bawaan Excel), maka harus menggunakan menu Border.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar