Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka Langsung

File yang rusak atau corrupt jadi kondisi yang tidak bisa diprediksi sama sekali. Apalagi kalau file itu adalah data Excel yang isinya sangat penting. Salah satu pilihan penyelesaiannya adalah dengan menggunakan cara mengatasi file Excel tidak bisa dibuka.

Dengan menerapkan cara-cara itu, diharapkan file Excel jadi bisa dibuka lagi. Sehingga tidak perlu lagi membuat data Excel yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka

Sebenarnya tidak ada penyebab yang jelas mengapa file Excel menjadi rusak atau corrupt. Masalah seperti ini bisa terjadi secara mendadak dan tiba-tiba. Tapi ada satu penyebab yang bisa disalahkan yaitu file yang terinfeksi virus.

Ketika adanya virus pada flashdisk atau laptop, maka file jadi berisiko rusak dan tidak bisa dibuka. Jika menemukan masalah seperti ini, cobalah beberapa cara mengatasinya di bawah ini:

1. Mengubah Ekstensi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah ekstensi file Excel. Cara ini bisa jadi pilihan kalau penyebab file tidak bisa dibuka adalah tidak adanya dukungan ekstensi atau dinamakan dengan unsupported file extension.

Masalah ini biasa juga terjadi pada aplikasi Microsoft Excel versi lama seperti 1997 atau 2003. Berikut caranya:

  • Pertama bukalah aplikasi Excel yang ada di laptop.
  • Setelah itu pilih dan klik pada menu “Open” serta pilih opsi “Export”.
  • Berikutnya di dalam opsi Export, pilih tulisan “Change File Type”. Lalu cari dan pilih file Excel yang tidak bisa dibuka. Tapi ketika tidak tersedia pilihan extension, artinya versi Excelnya belum mendukung. Kalau ada bisa ikuti tahap berikutnya.
Berikutnya di dalam opsi Export, pilih tulisan Change File Type
  • Jika sudah menemukan filenya, buka lokasi dimana file yang tidak bisa dibuka itu berada.
  • Pilih menu “Tools” dan klik pada tab “View”.
  • Tambahkan tanda centang pada pilihan tulisan “File Name Extension”.
  • Lalu bisa mengeklik file Excel yang tidak bisa dibuka itu dan ubah ekstensinya sesuai dukungan versi Excel yang digunakan.

2. Menggunakan Open and Repair

Kalau cara sebelumnya belum bisa menyelesaikan masalah file Excel tidak bisa dibuka, cobalah dengan menggunakan Open and Repair ini. Fitur ini adalah bawaan dari aplikasi Excel dan bisa membantu mengatasi file yang tidak bisa dibuka.

Berikut cara menggunakannya:

  • Langkah pertama jalankan dulu aplikasi Excel yang dimiliki.
  • Kemudian bisa mengeklik menu “File” dan pilih opsi yang tulisannya “Open”.
  • Tahapan berikutnya bisa mencari dimana lokasi file yang tidak bisa dibuka itu berada. Kalau ketemu, klik sekali pada file tersebut.
  • Perhatikan pilihan di sisi bawah, gantilah pada opsi “Open” menjadi “Open and Repair”.
Perhatikan pilihan di sisi bawah, gantilah pada opsi Open menjadi Open and Repair
  • Excel akan memperbaikinya dan membuka file tersebut. Biasanya file bisa dibuka lagi jika kerusakan tidak begitu parah.

3. Menggunakan Safe Mode dan Fitur Disable Add-Ins

  • Untuk mengatasi dengan cara ini, pertama bisa membuka menu “Run” atau bisa menekan “Windows” + “R”.
  • Setelah itu pada kolom yang muncul, tuliskan dengan “exe/safe” tanpa tanda petik dan klik tombol “OK” di bawahnya.
Setelah itu pada kolom yang muncul, tuliskan dengan exe safe tanpa tanda petik dan klik tombol OK di bawahnya
  • Berikutnya perhatikan aplikasi Excel yang terbuka. Jika terbuka dengan minimal, maka cara ini berhasil. Tapi kalau terbuka secara normal, artinya harus menon-akifkan Add-Ins dengan cara manual.
  • Kemudian cobalah masuk ke menu “File” dan klik pada tulisan “Open”. Carilah file Excel yang tidak bisa dibuka dan cek apakah sudah bisa dibuka lagi atau belum.

Saat Excel bisa dibuka lewat Run tadi secara minimal, artinya Add-Ins di dalam Excel telah dimatikan. Sehingga membuka kemungkinan mengatasi file yang tidak bisa dibuka. Tapi kalau justru terbuka secara normal, bisa mematikan Add-Ins manual.

Baca Juga:

Membuka File Excel yang Terkunci dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara mengatasi file Excel tidak bisa dibuka berikutnya adalah dengan mencoba membuka pakai Microsoft Excel versi lain. Cara ini bisa digunakan jika masalah file gagal dibuka disebabkan oleh versi Excel yang tidak kompatibel dengan file tersebut.

Kalau tidak ingin mengganti Excel, cobalah meminjam laptop atau komputer teman yang versi Excelnya berbeda. Cobalah semua versi Excel dan jika masih gagal berarti harus mencoba cara lainnya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara terakhir ini jadi pilihan ketika semua cara di atas tidak berhasil membuka file Excel. Cara ini adalah dengan memanfaatkan fitur di dalam aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini memang difungsikan untuk mengatasi file yang gagal dibuka.

Tapi sebenarnya cara ini juga sangat berisiko. Karena bisa saja file akan lebih rusak lagi. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah file Excel tidak bisa dibuka ini.

Aplikasi ini adalah Kernel Excel Repair Software, EaseUS File Repair Tools dan DiskInternals Excel Recovery. Coba saja tiga aplikasi tersebut satu per satu sampai file bisa dibuka kembali.

Masalah file Excel tidak bisa dibuka memang cukup menakutkan. Pelajari dengan baik cara mengatasi file Excel tidak bisa dibuka di atas agar masalah file rusak bisa segera diatasi.

Check Also

Cara print bolak-balik

Cara Print Bolak Balik di Ms Word, Excel, PDF Otomatis

Ingin print Ms Word atau PDF bolak-balik? Cara print bolak-balik sebenarnya sangat mudah dan praktis. …